Bika Ambon by Susianne Flo S

1
129

bika ambonLagi ngidam bika ambon.. tapi males beli keluar ya udah didapur ada bahan bahannya tak pake aja.. dan ini dia hasilnya. Diistirahatkan cuma satu jam saja dari yang semestinya 3 sampai 4 jam hihi.. tapi hasilnya bersarang banyak banget meskipun gak terlalu kecil2. Rasanya istimewa banget karena bahan bahannya saya kreasikan lagi memakai bahan premium dan menggunakan kuning telur yang banyak, hasilnya harum lembut kenyal dan legit.

RESEP BIKA AMBON by Susianne Flo S

BAHAN BIANG :
10 gram tepung terigu protein sedang
15 gr gula pasir
4 sdm air hangat air
1 bungkus ragi instan

Loading...

BAHAN ADONAN:
300 ml santan dari 1 butir kelapa *saya diganti jadi 200 ml santan kental dan 100 gr whipping cream cair dari nabati misalnya merk vivo atau ambiante
4 lembar daun jeruk, disobek-sobek
2 lembar daun pandan
1/2 sdt teh garam
250 gram gula pasir
150 gram tepung sagu tani
10 butir kuning telur telur
1/2 sdt kulit jeruk purut parut
1/2 sdt vanilla essens

Cara Membuat Bika Ambon :
Aduk rata bahan biang. Diamkan 15 menit, sisihkan.
kocok kuning telur, vanilla essens dan gula pasir dengan kecepatan sedang hingga gula larut dan mengental tetapi jangan sampai kaku ya.. nanti hasilnya jadi seperti bolu. rebus santan kental dan whipping cream nabati serta tambahkan daun pandan dan garam, rebus tapi jangan sampai mendidih ya hanya hingga berbuih saja sisiannya dan panas, sisihkan hingga dingin. masukan kocokan kuning telur kedalam adonan biang. Lalu tuang kedalam terigu sedikit sedikit sambil diaduk aduk oleh tangan, masukan hingga telur kocok habis. tuangkan santan rebus yang telah didinginkan sedikit sedikit aduk aduk dengan dikeplok keplok oleh tangan, masukan santan hingga habis. aduk hingga merata. untuk menghasilkan sarang yang cantik bisa difermentasikan atau diistirahatkan selama 12 jam atau kalau tidak mau terlalu lama menunggu cukup hingga 3 sampai 4 jam saja.
panaskan oven sambil menunggu oven panas, oles loyang dengan minyak goreng tipis tipis, alasi dasar loyang dengan kertas roti dan olesi lagi dengan minyak goreng. lalu panaskan loyang didalam oven hingga panas, keluarkan loyang lalu isi dengan adonan bika ambon, isi hingga agak penuh.. masukan ke dalam oven, panggang dengan suhu 190 derajat celcius. panggang hingga bika ambon matang dan menguning atasnya, jika ingin hasil agak kecoklatan atasnya bisa memakai api atas sebentar hingga permukaannya berwarna kuning kecoklatan.. keluarkan darin oven, tunggu dingin dan siap untuk dipotong potong.

tips dan trik dalam membuat bika ambon. :

1. ketika awal memanggang buka tutup pintu oven hingga si adonan berbuih, buang buihannya lalu setelah terbentuk sarang sarang kecil bisa ditutup pintu ovennya hingga kue matang.
2. Ketika menuang adonan bika ke loyang, jangan diaduk lagi.
3. selalu panaskan loyang minimal 10 menit hingga loyang panas baru masukan adonannya.

0/5 (0 Reviews)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here