back to top
33.5 C
Jakarta
Jumat, Juli 19, 2024

bakso tahu by Novie Kurnia Wardani

- Advertisement -

Sejak upload postingan bakso tahu kemarin banyak yang inbok cara saya iris tahu dan cara buatnya gimana.

Ngga ribet kok, Mom. Beneran mudah banget. Tapi semudah-mudahnya ya tetep capek.
Alhamdulillah berkat doa dari Mommy semua tiap hari permintaan semakin meningkat. Insya Alloh doa baik akan kembali juga pada yang mendoakan.

bakso tahu by Novie Kurnia Wardani - membuat bakso tahu

Tahu satu biji bisa jadi 6 potong. Oh ya tahu sebiji ini harganya seribu di daerah saya. Ukurannya kira-kira 7x7x3.
Terus goreng tahunya agak kering. Tapi jangan terlalu kering biar juga tidak pecah saat diiris.

- Advertisement -

Belah tahunya seperti ini. Pas banget ini teksturnya nggak basah juga nggak kering. Jadi enak diiris.

bakso tahu by Novie Kurnia Wardani - membuat bakso tahu

Adonan bakso. Beneran banyakan dagingnya yah daripada tepungnya. Jangan sampai ada lagi yang bilang kemahalan.

Maaf videonya mungkin kurang jelas. Begitu cara saya masukkan adonan, saya kerja ambil simpel aja. Yang penting cepat selesai, keburu capek.

resep bakso dan isian bakso tahu

Saya menyebutnya makanan sejuta umat. Karna dari anak kecil sampai orang tua, suku manapun, apapun profesi mereka, banyak yang menyukai bakso.
Usaha ini sudah kami geluti selama 9 tahun. Bukan hanya menjual bakso siap makan saja yang disediakan di warung.
Kami juga membuka penggilingan daging, menjual daging giling, menjual adonan bakso dan menjual bakso kiloan. Apapun yang diminta customer kami layani, asalkan masih berhubungan dengan perbaksoan dan perdagingan.
Saya share resep secara teori saja, karna untuk praktek giling saya belum pernah sama sekali karna tidak diijinkan suami masuk tempat produksi, bahaya karna mesinnya besar sekali.

Kuah bakso untuk 10 liter air :

  • Bawang merah 10 siung.
  • Bawang putih 15 siung.

Goreng sampai layu, lalu blender alus, masukkan ke dalam air 10 liter tadi.
Jangan lupa garam sesendok aja, vetsin 2 sdm, lada 2 sdm, gula 1 sdm, masako sapi 3 bungkus dan tulang sapi buat kaldu.
Pelengkap kuah baksonya mie, sledri, bawang goreng, saos tomat, kecap dan sambel jangan lupa yah.

Bumbu bakso untuk ukuran daging 3 kilo :

  • Daging 3 kilo
  • Tapioka 1 kilo,
  • Bawang putih mentah segenggam
  • Bawang merah goreng 5 sdm
  • Garam 3 sdm
  • Vetsin 2 sdm
  • Lada 1 sdm

Kaldu bubuk rasa sapi 3 bungkus, kalau mau pakai Baking powder 1/4 sdm aja biar ngembang. Kalau saya ga pakai. Cara buatnya datang saja kepenggilingan ya Bun.

#TukangBaksoNuklirFakfak

- Sponsored -

Related Articles

Latest Articles