Sotong Kangkung Singkawang by Nina Yusab

0
477
Sotong Kangkung Singkawang by Nina Yusab

Teman-teman, sekedar share saja dari hasil blogging ke Singkawang dan bawa oleh-oleh Sotong Kangkung ini.

Sotong Kangkung adalah makanan khas Singkawang. Konon, di seluruh Kalimantan Barat, ini adalah satu-satunya tempat yang menjual hidangan seksi ini. Koh Asen satu-satunya penjual Sotong Kangkung ini, mengaku telah mulai jualan sejak tahun 1977. Dulu pernah ada yang jualan juga menu yang sama di Pontianak, tapi rontok satu persatu.

Gerobak Koh Asen di Pasar Babi a.k.a Pasar Turi Singkawang. Warung Koh Asen ini hanya buka jam 16.00-22.00 WIB saja. Menurutku yang istimewa dari hidangan ini adalah pada kangkung dan paduan saus+kacang tumbuknya itu.
Coba perhatikan kangkungnya. Hijau segar banget, Padahal itu kangkung sudah dingin. Kangkung di tempat lain, saat dingin pasti menghitam. Kangkung di piringku ini tetap menghijau, serius! Konon kangkung ini dibudidayakan di kolam khusus, dipasok dari Singkawang Selatan.

Loading...

Untuk sotongnya, itu terbuat dari sotong kering yang direndam hingga mekar. Setelah mekar dipotong-potong dan diblanching sebentar, Kangkungnya juga cuma diblanching sebentar banget. Tiriskan.

Sausnya, terbuat dari rebusan air, dengan bumbu bawang putih dan asam jawa saja. dengan sedikit tambahan garam. Saring, kemudian beri larutan air kanji hingga sedikit mengental. Sajikan dengan kangkung, sotong iris, taburan kacang tanah yang ditumbuk, dan tuangi dengan saus.

FYI, sambal disajikan terpisah. Sambal di Singkawang biasanya terdiri dari cabai dan lemon tjui saja.
Rasanya enak-enak gimana gitu: asam segar gurih. Di lidah terasa ringan saja. Tertarik?

?#?pesonaSingkawang? ?#?IndonesiaTravel?

baca juga olahan kangkung kami yang lain disini

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/909924902440188/

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here