Sambal Tumpang by Nurul Irmawati

0
911


Sambal Tumpang by Nurul Irmawati

untuk 6 porsi
Kemarin ada tempe semangit di kulkas. Tempe yang niatnya pas dibeli mah mau dibikin tumis kacang panjang, mumpung baru aja dapet rizki dikasih kacang panjang sama budhe pemilik warung seberang komplek yang katanya baru aja panen. Tapi kepending-pending terus karena jadinya malah bikin masakan-masakan lainnya. Semangit lah itu tempe saking kelamaan nunggu, hehe…

Makanya kemarin saya putuskan untuk dibikin sambal tumpang aja, makanan favoritnya paksu yang emang asli Solo. Dulu pas maknyak, simbahnya paksu masih hidup biasanya beliau suka bikin ini dan enak banget. Pas saya compare sama bikinan saya ini, well…belum seenak bikinan maknyak sih, tapi untuk seorang non-native kayak saya ini udah lumayan lah. Apalagi ini pertama kali bikin dengan beberapa bumbu dan bahan dikira-kira aja takarannya, hehe.

Loading...

Kalo temen-temen doyan pedes bisa ditambah cabai rawit merah 3-5 buah di bumbu halusnya ya, karena yang saya tuliskan di resep minus cabai rawit merah, biar bocil bisa ikutan makan. Cusss ah tengok resepnya kuy!

Bahan:
– 100 gram tempe semangit
– 250 gram tempe
– 50 gram krecek
– 5 potong tahu kulit
– 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
– 1-2 ikat bayam, rebus
– 1 ikat kacang panjang, rebus
– 1-2 buah wortel, rebus, iris sebesar korek api
– 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu:

– 1 sdm gula aren
– 1 sdm garam
– 2 lembar daun salam
– 1 ruas jari lengkuas, memarkan

Bumbu Halus:

– 5 butir bawang merah
– 5 siung bawang putih
– 15 buah cabai merah keriting
– 2 ruas jari kencur

Cara Membuat:
1. Rebus tempe semangit, tempe, cabai merah, bawang merah, bawang putih dan kencur selama kurang lebih 15 menit, tiriskan.
2. Haluskan rebusan tempe semangit dan tempe.
3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai dan kencur. Tumis sampai harum, lalu tambahkan daun salam dan lengkuas.
4. Masukkan tempe yang sudah dihaluskan, krecek, tahu kulit, santan, gula aren dan garam.
5. Susun rebusan sayur dalam piring saji lalu tuangkan sambal tumpang di atasnya.
6. Sambal tumpang akan lebih nikmat jika disajikan dengan rempeyek teri, tempe goreng dan tahu goreng.

Happy cooking!

baca juga sambel tumpang khas kediri disini atau olahan kreatif dengan kulit singkong disini

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1905934176172584/

#Langsungenak#reseplangsungenak#komunitaslangsungenak#fbgrouplangsungenak
#Lesambaltumpang

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here