#RESEPLANGSUNGENAK
SALTED CRACKERS

Tekstur cracker ini padat dan kriuk. Tapi bukan yang renyah banget. Karena menggunakan ragi ada rasa fermentasinya juga sekilas dan teksturnya pun menjadi lebih kokoh dan tidak mudah patah. Digilas juga lebih mudah dan mulus.

Untuk lama waktu di oven belum tentu sama persis. Tergantung seberapa tipis kalian menggilasnya. Dan juga loyang yang digunakan berbahan logam atau alumunium akan berbeda waktu panggangnya. Pakai logam lebih cepat golden brown terutama bagian pinggir dan bawahnya. Jika menggunakan loyang anti lengket lebih cepat juga karena tidak menggunakan kertas baking lagi. Jadi begitu masuk oven jangan ditinggal harus sering dicek. Kalau saya per 5 menit maka posisi loyang saya putar agar matangnya merata. Atau kadang kadang ada yang ketebalan belum matang tapi yang lain sudah matang maka boleh dikeluarkan yang sudah matangnya dan yang belum matang dilanjut. Intinya jangan terlalu terpaku dengan waktu yang saya gunakan.
Jika terlalu tebal nanti kurang krenyes hasilnya. Makanya bikin setipis mungkin.

READ  Cookies Coklat Panda by FitriGallery Haziq

Butter jangan dituang sekaligus. Sisahkan sebagian agar lebih mudah melihat adonan sudah pas atau kelembekan. Adonan cukup dibiarkan 1 jam dan tidak perlu terlalu mengembang sampai double in size. Jika suhu ruang panas maka 1/2 jam juga cukup. Sebenarnya jika difermentasi di kulkas lebih bagus lagi agar adonan tidak terlalu cepat mengembang. Jadi jika difermentasi di kulkas silahkan saja sampai adonan terlihat mengembang bisa dikeluarkan. Tidak harus sampai double in size.

BAHAN :
135 gram air hangat campur dengan 1 1/2 sdt ragi instan
250 gram tepung protein rendah
20 gram corn starch
1/4 sdt baking soda
3/4 sdt garam
40 gram unsalted butter cair (masukkan sebagian dulu)

READ  Florentine atau Teng Teng by V Imellia Hijaya

Cara Membuat :

  1. Campur tepung, corn starch, baking soda, garam dan aduk rata. Lalu tambahkan sebagian butter dan kemudian masukkan campuran ragi dan air.
  2. Aduk hingg rata dan masukkan sisa butter.
  3. Uleni sebentar saja hingga adonan menyatu dan tidak ada sisa tepung. Tutup dan biarkan hingga terlihat agak mengembang tapi tidak perlu hingga mengembang dua kali lipat.
  4. Keluarkan adonan dan bentuk memanjang sambil ditekan agar udara keluar.
  5. Lalu ambil sebagian adonan dan gilas setipis mungkin. Cetak sesuai selera saja. Angkat dengan sendok rata dan pindahkan ke loyang.
  6. Olesi dengan butter cair dan taburi sedikit garam di setiap permukaan crackers.
  7. Panggang di suhu 180 derajat celcius sekitar 10 menit. Rajin mengecek ke oven.
  8. Keluarkan dan anginkan di cooling rack.
  9. Masukkan toples setelah benar benar dingin.
  10. Selamat mencoba.
READ  Peyek Kacang by Usi Rosana

*Agar lebih mudah silahkan melihat tayangan tutorial videonya di youtube dapursicongok berikut ini

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/posts/4731477833618190/
baca juga resep cracker kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here