#ResepLangsungEnak

Mencoba varian lain kue gabus keju. Tanpa margarin dan tanpa susu.
Kalau kemarin saya share resep yang pakai susu dan margarin. Rasanya dominan manis gurih. Aroma susu dan margarin sangat kuat.
Untuk yang ini rasanya dominan gurih dan ngejuuuu banget.
Sampai anak bungsu dari buka puasa menjelang bobo nyemil-nyemil terus.
Oh ya, terus saat goreng juga minyak tidak berbuih lho.

Tapi ada perbedaan antara pakai margarin dan tidak menurut saya. Yang tanpa margarin ini mengembangnya bisa berkali-kali lipat.
Padahal saat melintir sudah ukuran kecil masih saja saat mateng jadi segede ini hahaha.
Jadi saran saya saat melintir jangan pakai dua tangan.
Cukup satu tangan kanan saja dengan dua jari. Yaitu jari telunjuk dan dan ibu jari. Ambil secubit kecil lalu pelintir kecil saja. Nanti saat mateng dia pas ukurannya. Gigitnya juga lebih enak. Ini punya saya udah masuk ukuran jumbo ?

READ  Semprit Jadul Ubi Ungu No Mixer by Tetty Taufik

Kalau di Bunda Ravira share resep dalam takaran 500gram dan keju 200gram, dan pakai garam. Saya bagi lima saja dan pakai kaldu bubuk, supaya nggak terlalu banyak adonan serta mendapatkan rasa gurih dari keju dan kaldu bubuknya.

Kue Gabus Keju

Resep by Bunda Ravira
Recook Novie Kurnia Wardani

Bahan:
– Tapioka 100 gram
– Keju 50 gram
– Telur 1 butir
– Kaldu jamur/optional 1/4 sdt
– Minyak goreng 1 liter

Cara Buat:
1. Blender telur, keju dan kaldu bubuk sampai lembut. Kalau nggak ada blender bisa dimixer. Kalau nggak ada semua bisa pakai whisk atau langsung diremes pakai tangan sampai nyampur semua.

READ  Kue Semprit by Mak Su Cahaya

2. Tuang blenderan ke dalam wadah. Masukkan tapioka sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata dan bisa dibentuk.

3. Siapkan minyak dingin di mangkok. Ambil secubit kecil adonan, pelintir dengan dua jari saja. Rendam dalam minyak dingin. (Di foto merendam adonan, memang saya pakai foto resep kemarin. Nggak masalah, intinya caranya sama).

4. Setelah selesai dicetak, tuang adonan yang sudah dipelintir tadi bersama minyaknya ke dalam wajan yang juga sudah berisi sedikit minyak. Baru nyalakan kompor pakai api kecil saja.

5. Jangan dibalik sebelum adonan ngambang dan ngembang. Kadang adonan bisa lengket satu sama lain karena ini tanpa margarin. Jadi memang harus sabar untuk memisahkan mereka (hiks).

READ  Butter Choco Chip Cookies by Ieng Misaki

6. Saat digoreng adonan beneran bisa ngembang lima bahkan enam kali lipat. Saya saja kaget ?. Setelah adonan kokoh bisa diaduk-aduk sampai matang.

Saya goreng satu resep ini tiga kali gorengan. Saat mau goreng adonan selanjutnya tetap yah tunggu minyak dingin dulu. Jangan sekali-kali pakai minyak panas.
Warnanya asli beneran putih karena nggak pakai margarin. Tekstur renyah dan kres.

Bikin satu resep kecil saja lama nih, apalagi yang sampai kiloan. Pasti mabuk kue gabus semua. Jadi kalau mau buat banyak harus ada ekstra waktu dan tenaga.

Selamat Mencoba.

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3158621764237146/

simak gabus keju kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini