Knippertjes Dan Rolletjes By Frieda Hoogenboom-Siregar

0
340

#Resep26
Masih seputar kudapan asal provinsi Groningen. Kue ini mempunyai 2 nama dalam perbedaan waktu hanya 1 hari saja. Kue bernama “Knippertjes” ini biasa dinikmati pada malam tahun baru seperti saudaranya si Oliebollen. Bentuknya bundar tipis dan garing serta renyah jika digigit. Kue ini banyak disantap di daerah Groningen, Drenthe dan Overijssel. Jika dinikmati pada tahun baru (ya, tanggal 1 Januari), maka bentuknya sedikit berubah dan namanya menjadi “Rolletjes”. Kue ini digulung sebagai simbol menggulung cerita/masalah di tahun yang lama.

Knippertjes dan Rolletjes

Bahan :

Loading...

400 gr terigu
400 gr gula
3-4 butir telur
Sejumput kecil garam
Sejumput kecil bubuk kayu manis (pilihan)
12 sdm butter cair
150 ml air
Whipping cream siap pakai

Cetakkan :

Cetakkan wafel atau oublie/contong ice cream

Cara membuat :

Masak gula dan air sejenak sampai gula larut, aduk-aduk dengan whisk pada saat proses pemasakkan. Angkat dari api jika gula telah larut. Pastikan posisi air sampai sebatas diatas gula pada saat akan membuat air gula ini, jika tidak gula akan menjadi karamel. Dinginkan.
Masukkan ke dalam baskom sambil diaduk dengan whisk terigu, air gula, telur, garam dan butter. Pastikan adonan halus tidak berbutir. Tambahkan sedikit air sambil diaduk sampai adonan bisa mengalir lancar dari sendok seperti adonan dadar (lihat gambar).
Panaskan cetakkan wafel.
Tuang 1 centong kecil adonan ke cetakkan, ratakan ke seluruh permukaan cetakkan, tutup cetakkan dan masak sampai matang kecoklatan.
Untuk Knippertjes : angkat kue dari cetakkan dan dinginkan. Simpan di wadah tertutup kedap udara.
Untuk Rolletjes : Angkat kue dan langsung gulung dengan diameter sebesar 1 cm. Jika tahan bisa langsung digulung dengan tangan atau menggunakan bantuan pegangan bulat dati sendok kayu. Dinginkan dan sajikan dengan menyemprotkan whipping cream kedalam gulungannya.
Selamat mencoba teman-teman.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10208225820002773&set=gm.1758325684266768&type=3&permPage=1&ifg=1

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak#LEKnippertjesDanRolletjes

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here