Gulai Tambusu ala R.M padang by Muu Razak

0
1075
Gulai Tambusu ala R.M padang by Muu Razak

Saya itu pecinta masakan orang minang, termasuk jeroan terkecuali hati nya. Ini sungguh nikmat bagi saya. Pokoknya lamak Bana.
Aduh.. Tampil menawan tambusu ini?
Ada yang sudah pernah makan tambusu bunda? Atau malah aneh ngeliatnya, ssstt? gak boleh begitu, cukup diam dan komentar baik ya??yang punya riwayat kolestrol, jangan ikutan ya bunda.

Gulai Tambusu ala R.M padang
By Muu kitchen’s

Bahan:
500 gr usus sapi
300 ml santan cair
200 ml santan kental
6 butir telur bebek(bisa pakai telur ayam)
2 papan tahu putih, haluskan
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
Air secukupnya
Gula merah secukupnya (bisa pakai gula pasir)

Bumbu Isi Usus sapi, dihaluskan :
4 buah bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri, m
1/4 sdt lada bubuk
1/3 sdt penyedap rasa
1/3 sendok teh garam

Bumbu Halus gulai :
10 buah cabai merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri
2 cm kunyit
2 cm lengkuas
2 cm jahe
1/4 sdt adas
1/2 sendok teh lada bubuk
Penyedap rasa secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat:

? Cuci usus sapi hingga benar-benar bersih, dibalik ususnya menggunakan bantuan ranting bambu. Atau bisa pakai kemiri dengan cara dimasukkan kedalam usus, dan geser sampai kotoran hilang. Isi dengan air keran mengalir. Setelah bersih, kemudian ikat bagian salah satu ujung usus dengan benang agar adonannya tidak tumpah pada saat diisi ke dalamnya.

? Kocok telur bebek dan campur dengan tahu halus dan bumbu isian usus hingga rata, kemudian masukkan kocokan telur yang sudah dibumbui dengan bumbu isi tadi kedalam usus hingga seluruh usus terisi, tapi jangan lupa untuk menyisakan sekitar 5 cm bagian ujung usus yang tidak terisi adonan agar usus tidak pecah pada saat direbus. Ikat kembali ujung usus.

? Rebus air sampai mendidih dalam panci, kemudian masukkan usus yang telah dimasukkan adonan kedalamnya lalu rebus sampai matang dan jangan lupa dibalik agar ususnya matang sempurna. Setelah matang Lalu dinginkan kemudian potong usus menjadi beberapa bagian. Bisa juga ketikan akan disajikan baru dipotong.

? Tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas dan daun salam hingga harum. Masukkan santan cair kedalamnya masaklah hingga mendidih sambil diaduk hingga rata hingga kuah agak menyusut. Kemudian masukkan usus yang telah dipotong tadi dan santan kentalnya. Masak hingga sedikit mengental sambil diaduk rata. Koreksi rasa. Dan sajikan

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/2618579138241414/

baca juga olahan gulai kami yang lain disini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here