Eclair Vla Gnetum Gnemon Flour By Sovistore

0
120
Bismillahirrahmanirrahim...

Assalaamualaykum..
Saya dari perwakilan LangsungEnak Mojopahit mojokerto – Jawa Timur ikut partisipasi dalam kreasi lomba resep menggunakan tepung H2 coconut flour dan tepung genetron/melinjo. .
Terimakasih kepada mbak anni Rumah Kue Tenrilangi selaku carik LangsungEnak Mojopahit dan teman teman WAG LangsungEnak Mojopahit untuk dukungannya

Ekskusi saya jatuh pada resep Eclair Vla Gnetum Gnemon (karbohidrat yang rendah), low calori. Cocok buat kamu yang lagi diet sehat. Bikin nya gampang, praktis, enak dan yang pasti sehat serta layak jual banget!

Rasa gurih eclair pastry di padu dengan vla rasa tepung h2 gwnetron nya bersatu. Dan sama sekali ngga nyangka kalau di dalam vla eclair ini ada bahan tepung melinjo. Yang tadinya saya bayangkan rasa nya seperti apa?? Tapi di luar ekspektasi saya rasa vla bener bener enaak banget rasa khas mlinjo tidak bikin enek. Sampai keluarga kecil saya tidak sabar untuk melahapnya. Ayah saya pun tidak takut asam urat nya kambuh.

Untuk di ketahui diet karbo ini fungsi nya adalah tidak lain untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan dan satu lagi tepung genetron ini aman dari asam urat ya friends.

Berikut saya sertakan resep nya. Berhubung saya tidak bisa menghitung nilai kalori nya jadi tidak saya sertakan

Resep Eclair Vla Gnetum Gnemon Flour
Made by Sovistore .
Bahan eclair pastry:
200 ml air
100 gram margarin atau salted butter
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
125 gram terigu (bisa pakai 100gr tepung protein sedang/all purpose combain dengan 25gr tepung H2 Genetron )
3 butir telur ukuran besar (jika kecil pakai 4 butir)
Kantong segitiga (piping bag) dan spuit bintang

Cara membuat:
1. Campur air, margarin/butter, garam dan gula pasir. Didihkan di atas api kecil.
2. Matikan api, masukkan terigu yang sudah diayak. Aduk rata dengan sendok kayu hingga tercampur dengan baik. Nyalakan kembali api kecil saja, masak adonan sambil diaduk-aduk hingga kalis (adonan sudah tidak menempel lagi di panci). Angkat dan dinginkan.
3. Masukkan telur satu per satu secara bertahap sambil adonan dimixer dengan kecepatan rendah. Jika dirasa adonan sudah cukup lembut untuk dispuit dan telur masih bersisa, hentikan penambahan telur karena adonan akan terlalu cair dan susah untuk dispuit.
4. Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga. Spuitkan memanjang ke atas loyang yang telah dioles margarin tipis. Beri jarak yang cukup satu sama lain.
5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200’C selama kurang lebih 30 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing. Jika terlihat adonan sudah mengembang kokoh, kuning kecoklatan dan busa yang terdapat pada adonan sudah hilang berarti kue sudah matang dan siap dikeluarkan.
6. Dinginkan di rak kawat.

Vla Gnetum Gnemon flour filling:
250 ml susu cair
25 gram gula pasir
1/8 sdt garam
3 sdm munjung tepung gnetum gnemon flour
1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air
1 kuning telur, kocok lepas
1/2 sdt vanilla (saya pakai bubuk vanilla susu L’Arome)

Cara membuat:
1. Panaskan susu cair, gula pasir, garam di atas api kecil sampai mulai mendidih pinggirannya. MAsukkan tepung H2 gnetum gnemon flour aduk hingga larut. Masukkan larutan tepung maizena. Aduk-aduk hingga mengental dan meletup-letup.
2. Matikan api.Masukkan kuning telur yang sudah dikocok lepas. Aduk rata. Nyalakan kembali api kecil. Masak hingga meletup-letup. Angkat dan matikan api. Masukkan vanilla. Aduk-aduk hingga meletup letup, Selagi didinginkan, vla harus sering diaduk-aduk agar tidak berkulit. Selain itu bila vla diaduk-aduk hingga dingin maka vla akan cantik mengkilap dan licin. Siap dipakai.

Chocolate topping:
Dark chocolate, lelehkan
White chocolate, lelehkan

Penyelesaian:
Ambil eclair pastry yang sudah dingin, isi dengan vla gnetum gnemon flour filling, lakukan sampai habis.
Celupkan permukaan bagian atas kue ke dark chocolate cair, lakukan sampai habis. Biarkan coklat membeku kembali.
Coret-coret dengan white chocolate cair atau hias sesuai selera.

Untuk tepung nya bisa beli di @langsungenakcorner .
Yuuk teman-teman ikutan eksekusi resep pakai tepung @h2celebratelife @ain_amush yuk fren @Rumah Kue Tenrilangi @Bara Atharghaisan Irawan @Via Sulastri @Nia Ma’ruf @Rina Budiarti

#kreasiresepH2 #kreasiresepH2xLangsungEnak
#h2celebratelife #langsungenak #LEmojopahit

 #Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak#LEEclairVlaGnetumGnemonFlour
0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here