Sponsor
Home main dish ayam-daging Tambunsu by Fitria Diane Pratiwi Syukri

Tambunsu by Fitria Diane Pratiwi Syukri

0

Tambunsu by Fitria Diane Pratiwi Syukri

Ini namanya TAMBUNSU usus sapi yang diisi telur, santan dan bumbu..
Kalau makan di rumah makan padang, menu gulai Tambunsu ini nggak ketinggalan, dicampur dengan rebung muda atau nangka alias cubadak.

Beli sekilo usus mentahnya saja, dapatnya segini buibu, sekilonya 50 ribu, kalo beli jadi, sekilonya 40 ribu, dapetnya cuma dikit, palingan yang gulungan depan aja, untung banyak kalau bikin sendiri, selain bersih, nggak pake pengawet atau penambah rasa. Makin cihuuuuy deh. Mau digoreng atau digulai,  lamaaaak bana.
Salam dari ranah minang ibu ibu.

Bahan:

Bahan isi :
Telor 30 buah
Santan kental 1.5 kg

Bumbu halus :
Kunyit 1/2 sdm
Jahe 2 sdm
Lengkuas 2 sdm
Bawang putih 3sdm
Bawang merah 3sdm
Kemiri 2 sdm
Terigu 2 sdm
Garam secukupnya
Aduk semua bahan.
Isikan ke dalam usus dengan corong plastik
Sebelumnya panaskan air hingga mendidih, masukkan sedikit kunyit.
Ikat ujung usus dengan karet, tidak masalah diikat dengan karet karena air rebusan tidak dipakai

Masak hingga empuk, lebih kurang 1jam. Jangan lupa tusuk tusuk dengan jarum kecil agar udara dalam usus keluar, menghindari meletus (tusuknya setelah isian mengeras).

Tambunsu bisa digoreng cabe hijau dan petai.
Ini untuk sekilo usus mentah yaa. Hasilnya banyaaaak banget, nggak habis dimakan sendiri, kalau mau bikin seperempat kilo, telornya cukup 7, santan 200ml, bumbu halus menyesuaikan. Hasil jadinya banyak bun.

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak
#Lecookieskelapa

 

0/5 (0 Reviews)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

X