#HASILDAPUR
#RESEPLANGSUNGENAK

Sudah 25 tahun lebih berbaking ria tapi yang namanya Cake Marmer belum pernah bikin
Dan beberapa hari lalu order via marketplace di Bandung 2 cake marmer untuk hantaran pernikahan, yang 1 untuk dimakan ramai-ramai…. ternyata cake nya enak banget padahal harganya murah. Seperti biasa karena enak saya pasti pengen nyoba. Begitu pulang ke Jakarta langsung order loyang, sore nyampe langsung eksekusi karena semua bahan tersedia.
Bagi pemula pasti agak ribet

Bahan marmer cake

  • 200 gr butter
  • 130 gr margarin
  • 200 gr gula pasir di blender
  • 200 gr tepung protein rendah
  • 25 gr susu bubuk
  • 8 kuning telur
  • 6 putih telur
  • 50 gr gula pasir di blender
  • ½ sdt cream of tartar
  • 2 sdt Coklat bubuk + 1sdm selai coklat
  • ½ – 1 sdt Pasta pandan, kalau hanya ingin 2 warna salah 1 bisa di skip.
READ  Lemon Orange Roll Cake by Fa Mella

resep roti dan kue kami yang lain juga jangan lupa ya

Cara membuat marmer cake

  1. Adonan 1 : Butter, margarin dan 200 gr gula halus dimikser dengan kecepatan sedang , kemudian kecepatan di naikkan sekitar 6-8 menit sampai pucat
  2. Masukkan kuning telur satu persatu dengan jeda 10 detik tiap telur nya, mikser dengan kecepatan sedang
  3. Kalau sudah tercampur rata masukkan susu bubuk, mikser dengan kecepatan rendah, tambah kan terigu bertahap. Jangan terlalu lama mikser nya, asal tercampur kemudian aduk dengan spatula, sisihkan
  4. Adonan 2 : Kocok putih telur sampai berbusa banyak. Masukkan 50gr gula halus dan cream of tartar. Kocok sampai soft peak (tandanya loyang kalau dimiringkan tidak tumpah)
  5. Masukkan sepertiga putih telur ke adonan 1, aduk dengan spatula atau whisker. Kalau sudah tercampur masukkan sepertiga lagi putih telur nya, aduk lagi , tambahkan lagi sisa putih telur, aduk sampai tercampur rata.
  6. Ambil ¼ bagian adonan, masukkan ke mangkuk, tambahkan 2sdt coklat bubuk dan 1 sdm selai coklat. Aduk sampai rata. (Coklat bubuknya disaring ya?)
  7. Ambil ¼ bagian adonan kuning, masukkan ke mangkuk, tambahkan 1 sdt pasta pandan, aduk sampai rata
  8. Penyelesaian : oles loyang dengan margarin tipis saja , taburin tepung , goyang-goyang sampai rata tepung nya. Ambil 2sdm adonan coklat, taruh di sepertiga sisi, ambil 2sdm adonan hijau taruh di sepertiga sisi, ambil 2sdm adonan kuning taruh di sisi yang kosong. Masukkan beberapa sendok adonan kuning menutup seluruh loyang, tambahkan adonan coklat, hijau, kuning lagi, coklat lagi, hijau lagi…begitu seterus nya sampai adonan habis. Hentakkan loyang supaya tidak ada udara yang terjebak.
  9. Panaskan oven 10 menit dengan suhu 200°C. Turunkan suhu ke 160°C api bawah. Panggang di rak bawah selama 20menit. Turunkan suhu di 150°C api atas bawah, panggang selama 40-50 menit atau sampai matang dengan tes tusuk.
    Agak deg-deg an sih waktu mau mengeluarkan cake nya, takut ada yang nyangkut yang akhirnya nanti bentuk nya jadi cacat. Tapi alhamdulillah …langsung turun dengan sukses cake nya
    Loyang nya memang terkenal dengan loyang sultan …tapi saya belinya cukup ramah harganya kok…
READ  resep dan cara membuat Cheesecake ekonomis by Lenny Valencia Febriany
5/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini