Assalamualaikum warohmatulllohi wabarokatuh
LE Lovers..adakah yang tau dan pernah lihat bubur ini…?

Iya..ini namanya Jenang Gempol. Jajanan masa kecil saya saat tinggal di Yogyakarta. Gempol nya gurih karena terbuat dari beras dan campuran kelapa. Cocok banget dipadukan dengan campuran bubur yang manis khas rasa gula merah.
Jenang gempol ini lebih sedap untuk dijadikan kudapan siang hari karena kuah santan nya yang segar menggoda. Semenjak tinggal di perantauan saya sering kangen dan rindu dengan jajanan ini. Saat mudik ke Jogja pun belum tentu saya bisa bertemu dengan penjualnya.

Teringat akan kompetisi LE jajanan tradisional..akhirnya saya menjatuhkan pilihan untuk membuat Jenang Gempol. Saya pun berkreasi dengan mengandalkan ingatan memori masa kecil..tentang bagaimana rupa, rasa dan aroma khas akan jajanan ini. Meskipun masih belum seperti aslinya..rasanya cukup mengobati kerinduan akan jajanan masa kecil saya.
Yang belum pernah makan bubur ini atau penasaran dengan rasanya, ini saya sertakan resep nya ya Bun. Siapa tau pengen nyoba bikin..

Jenang Gempol

*Gempol :
1/2 gelas beras. Rendam semalam
1 gelas air
5 sdm kelapa parut
1/2 sdt garam

*Kuah Santan:
400 ml santan sedang kekentalan nya
2 lembar daun pandan
1/2 sdt garam

*Bubur sumsum gula merah:
100 gr tepung beras
200 gr gula merah
1000 ml santan encer
1/2 sdt garam

Cara membuat:
*Gempol
tiriskan beras dan blender bersama air sampai agak halus. Jangan terlalu halus biar terasa tekstur gigitan nya. Panaskan blenderan beras dan air sampai mengental. Dinginkan.
Tambahkan garam dan kelapa parut. Aduk rata dan pulung bulat – bulat sebesar kelereng. Kukus 15 menit dari air mendidih. Sisihkan.
*Kuah santan
Rebus semua bahan sambil diaduk perlahan biar tidak pecah. Setelah mendidih biarkan agak hangat baru masukkan Gempol.
*Bubur sumsum gula merah
Rebus gula merah pandan dan garam. Saring dan dinginkan. Tambahkan tepung beras aduk dengan whisk dan panaskan sampai mengental.
Sajikan bubur sumsum merah kuah santan dan Gempol.

Cc mbak Dian Sukmaningsih

#kopdarakbarlangsungenak2018
#kompetisijajanannusantara
#kopdarakbarlangsungenakbali
#le_barelang
#bersamakitabisa

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here