#RESEPLANGSUNGENAK
Dalam kenangan saya saat menjemput kakak saya di bandara beberapa tahun yang lalu, untuk pertama kalinya saya merasakan kue Sus dengan isian cream yang lembut dan rasa serta tekstur yang seperti es krim sesaat setelah menyentuh lidah. Berbeda dengan sus pada umumnya yang isiannya terasa kental, Sus yang satu ini punya tekstur yang ringan, renyah di luar dan isian cream yang mewah didalamnya.

Sejak saat itu bertekad untuk mencoba membuat sendiri di rumah, dan akhirnya saya tahu kalau Sus tersebut punya nama asli yang agak sulit untuk diucapkan, yaitu JAPANESE CREAM PUFF, atau lebih dikenal dengan SUS JEPANG. Ciri khas yang membuat rasa isiannya ringan dan enak seenak es krim adalah pada percampuran antara adonan custard dan whipped cream cair yang telah dikocok.

Dalam resep Sus Jepang ini ada 3 komponen yang membentuknya yaitu Cream Vanila untuk isian, Craquelin (Topping) dan Adonan Kulit Sus (Choux). Berikut ini adalah resep JAPANESE CREAM PUFF atau SUS JEPANG:

CREAM VANILA (ISIAN)
2 butir kuning telur
60 gram gula pasir
24 gram tepung maizena
240 gram susu cair
1 sdt vanila cair/1 jumput vanili bubuk
180 gram whipping cair (harus dalam keadaan dingin)

CRAQUELIN (TOPPING)
60 gram mentega/margarin
50 gram gula pasir
60 gram tepung terigu protein sedang

ADONAN KULIT SUS (CHOUX)
62 gram susu cair
62 gram air
62 gram mentega/margarin
8 gram gula pasir
3 gram garam
70 gram tepung terigu
2 butir telur

CARA PEMBUATAN:

  1. Pembuatan Isian:
    Buat terlebih dahulu custardnya dengan cara panaskan diatas panci, susu cair dan vanila cair atau vanili bubuk, lalu angkat dari kompor. Di wadah lain campurkan kuning telur, gula pasir dan tepung maizena sampai tercampur rata. Lalu setelah tercampur rata, masukkan secara perlahan dan sedikit demi sedikit susu hangat yang sebelumnya sudah dipanaskan ke dalamnya campuran telur, gula dan tepung maizena. Setelah itu masak kembali seluruhnya diatas kompor sambil terus diaduk dengan api kecil hngga mengental lalu angkat, pindahkan ke wadah lainnya lalu tutup dengan plastik wrap agar tidak tertetesi air ketika didinginkan di lemari es bawah. Dinginkan sekitar 1 jam. Setelah dingin keluarkan dari lemari es lalu campurkan ke dalam whipped cream yang telah dikocok hingga kental terlebih dahulu. Kocok bersama adonan custard dan whipped cream kental dengan mixer agar tercampur rata. Masukkan ke dalam kantong segitiga lalu dinginkan lagi di dalam lemari es agar dingin ketika akan dimasukkan nanti ke dalam kulit susnya
  2. Pembuatan topping
    Campurkan mentega, gula pasir dan tepung terigu, aduk rata. Setelah rata letakkan adonan diatas kertas roti lalu tutup bagian atasnya dengan kertas roti dan pipihkan setebal kira-kira 1,5 – 2 milimeter. Setelah itu masukkan ke dalam freezer agar membeku.
  3. Pembuatan kulit sus
    Panaskan di atas kompor, susu cair, air, mentega, gula dan garam yang diletakkan di panci hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan tepung sekaligus, lalu aduk dengan pengocok tangan sampai kalis, yang ditandai dengan tidak lengketnya adonan di atas panci. Pastikan adonan betul-betul Kalis dan kering, lalu angkat. Dinginkan terlebih dahulu adonan lalu setelah itu masukkan telur dan aduk kembali hingga tercampur rata. Saya menggunakan mixer ketika mencampurkan telur ke dalam adonan. Setelah itu masukkan adonan ke dalam kantong segitiga.
  4. Buat pola diatas kertas roti agar besar dan lebar sus nya sama. Lalu dengan bantuin spluit lubang bundar, cetak adonan di atas kertas roti. Setelah itu tambahkan diatasnya lapisan Craquelin (topping) yang telah dibuat.
  5. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, panggang selama 30 menit dengan suhu 180 derajat Celcius atau dengan api sedang ke arah tinggi bagi yang menggunakan oven tangkring. Setelah matang diamkan sejenak di dalam oven baru setelah itu keluarkan dari oven.
  6. Setelah kulit sus dingin, masukkan cream isian didalamnya dengan melubangi bagian bawah sus. Lalu masukkan dengan bantuan kantong segitiga.

Beberapa catatan yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan SUS JEPANG ini adalah sebagai berikut

  • Dalam proses pembuatan custard nya, pada saat mencampurkan susu hangat ke dalam adonan telur gula pasir dan maizena, pastikan dilakukan dengan bertahap, tidak sekaligus memasukkan susunya, mengingat perbedaan suhu antara susu yang masih hangat dengan telur. Hal ini untuk mencegah telur tidak berubah menjadi orak arik ketika bertemu susu hangat.
  • Masih dalam proses pembuatan cream isiannya, pastikan whipped cream cair yang akan digunakan dalam keadaan dingin agar kental sempurna ketika dikocok. Mengocok whipped cream hanya sampai kental saja, tidak perlu sampai mengembang, setelah itulah bisa dimasukkan adonan custard yang telah didinginkan selama 1 jam di kulkas bawah.
  • Dalam pembuatan craquelin (topping), pastikan adonan craquelin yang telah dipipihkan diatas kertas roti, harus dimasukkan ke dalam freezer agar membeku.
  • Dalam proses pembuatan adonan kulit sus, pastikan campuran air, susu dan mentega gula dan garam diatas kompor telah mendidih terlebih dahulu, baru kita bisa memasukkan tepung terigu kedalamnya. Masukkan tepung terigunya sekaligus jangan sedikit demi sedikit, dan harus langsung terus diaduk agar adonan tidak “berindilan” dan kita akan memperoleh tekstur adonan yang mulus. Pengadukan tepung terigu harus benar-benar sampai Kalis dan kering atau ditandai dengan tidak menempelnya adonan diatas panci, agar kulit sus mengembang sempurna ketika dipanggang dan tidak kempes.
  • Dalam proses pembuatan adonan kulit sus sebagai proses yang paling penting dan sering mengalami kegagalan didalamnya, pastikan adonan kulit sus yang telah dicampurkan dengan bahan lainnya di atas api, setelah diangkat dari kompor harus didiamkan terlebih dahulu untuk menghilangkan uap panas, dan suhunya harus bersuhu ruang atau telah dingin sebelum dicampurkan dengan telur. Jadi telur tidak boleh dimasukkan ketika adonan masih dalam keadaan panas. Hal ini agar adonan kulit sus bisa mengembang sempurna ketika dipanggang.
  • Adonan kulit sus yang telah dibentuk di atas loyang dan telah diberi topping diatasnya harus sesegera mungkin masuk ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu, karena adonan topping sangat “sensitif” terhadap suhu panas di sekitarnya.
  • Dalam proses pemanggangan, pastikan oven telah dipanaskan terlebih dahulu dan betul-betul panas suhu di dalamnya, agar sus bisa mengembang sempurna. Kue sus butuh dioven dengan suhu yang sangat panas ketika proses pemanggangan
  • Hindari membuka oven selama waktu pemanggangan, untuk mencegah kulit sus kempes sebelum matang sempurna. Setelah matang dan api dimatikan, saya memilih mendiamkan beberapa saat sus di dalam oven. Setelah itu keluarkan dari oven.

Selamat mencoba resep ini, semoga bermanfaat.
Saksikan Tutorial lengkapnya di Channel Youtube kami

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/4236312276468084/
baca juga resep kue sus kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here