apa itu bunga telang

Clitoria ternatea adlah nama latinnya. jika diurutkan dalam class biologinya maka tersusun darri atas dalam Kerajaan: Plantae, Divisi: Magnoliophyta, Famili: Fabaceae,, Kelas: Magnoliopsida dan Ordo: Fabales

tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis.

Ciri khas bunga telang atau kembang telang adalah memiliki kelopak berwarna biru cerah dan telah digunakan sebagai bahan dalam minuman teh herbal di seluruh wilayah selama berabad-abad serta digunakan untuk memasak.  Kelopaknya tersebut memberikan warna biru ketika direndam dalam air hangat atau panas, sehingga dapat digunakan sebagai pewarna pada berbagai hidangan tradisional.

manfaat bungga telang

  1. Memperlancar pencernaan Kandungan antioksidan yang tinggi membuat khasiat bunga telang dapat memperlancar sistem pencernaan. Minum secangkir teh bunga telang sekali atau dua kali seminggu dengan perut kosong dapat membantu mengeluarkan racun yang terakumulasi dalam sistem pencernaan.
  2. Memperbaiki suasana hati Selanjutnya, dengan meminum teh bunga telang yakni dipercaya memiliki efek penghilang stres yang juga membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Hal ini juga dikenal dapat menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi, dan stamina, mempengaruhi emosi positif dan dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja.
  3. Membantu menurunkan berat badan  Teh dari seduhan daun telang bebas dari kafein serta tidak mengandung karbohidrat, lemak, dan kolesterol. Oleh karena itu seduhan bunga telang adalah minuman yang ideal bagi mereka yang sedang diet atau menurunkan berat badan. Selain itu, manfaat bunga telang juga bisa membersihkan usus dari sisa makanan dan kotoran, serta mengatur nafsu makan. 
  4. Meningkatkan kesehatan kulit Flavonoid dalam bunga telang membantu merangsang produksi kolagen, membantu mengembangkan dan menjaga elastisitas kulit. Minum secangkir seduhan bunga telang hangat secara teratur dapat menghilangkan partikel makanan yang tidak tercerna dari sistem pencernaan, hati dan ginjal.  Hal ini pada akhirnya dapat membersihkan tubuh dari dalam sehingga membantu mencerahkan kulit kusam, menghilangkan bintik-bintik gelap dan warna kulit tidak merata.
  5. Merangsang pertumbuhan rambut Khasiat bunga telang juga baik untuk rambut karena mengandung anthocyanin, senyawa yang dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Hal ini juga membantu memperkuat folikel rambut dari dalam.
  6. Meningkatkan kesehatan jantung Bunga telang mengandung senyawa bioflavonoid yang memperkuat dan memasok antioksidan untuk melindungi dan memperbaiki kesehatan jantung. Selain itu, manfaat bunga telang juga dapat membantu menurunkan volume kolesterol dan kadar lipid/lemak yang sangat tinggi dalam aliran darah lantaran kandungan antihiperlipidemia-nya. 
  7. Bagus untuk kesehatan mata Kandungan proanthocyanidin membuat khasiat bunga telang dapat membantu menurunkan kemerahan dan pembengkakan yang dialami pada infeksi mata.
  8. Melawan kanker Bunga telang mengandung zat yang memiliki sifat antikanker. Mengonsumsi seduhan bunga telang kemungkinan dapat membantu tubuh dalam melawan kanker.  
  9. Menurunkan tekanan darah  Manfaat bunga telang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga bagi penderita darah tinggi disarankan untuk rutin mengonsumsi seduhan bunga telang.  Itulah sejumlah manfaat atau khasiat bunga telang untuk kesehatan. Tetapi, meski ada sejumlah manfaat bunga telang untuk kesehatan, namun kondisi medis yang serius seperti kanker, Alzheimer, demensia, diabetes, hipertensi tetap memerlukan perhatian medis. 
READ  Es Krim Nangka by Soraya Cantigi

olahan bunga telang

Resep Es Krim Bunga Telang

Bahan:

  • 1 Bungkus agar bubuk plain (tanpa warna, tanpa rasa)
  • 1 sdt gelatin bubuk (bisa diganti jelly bubuk plain)
  • 2 1/2 sachet susu kental manis putih
  • 10 sdm gula pasir
  • 700 ml air putih (3 gelas belimbing)
  • 25-30 kuntum bunga telang/teleng (aku pakai bunga segar, petik dari pohon)
  • 1 gelas belimbing air panas untuk merendam bunga telang/teleng
  • 1 sdm minuman serbuk rasa taro/vanilla (aku: omura)
  • 1/2 sdt SP/Cake Emulsifier campur 2 sdm air matang lalu kukus dalam air mendidih/beruap banyak selama 5 – 7 menit, tampilan SP akan cair kental ringan, biarkan uap panas hilang.
Es Krim Bunga Telang by Eki Mayantari S

Cara Membuat Es Krim Bunga Telang

  1. Rendam bunga telang/teleng dalam 1 gelas belimbing air panas hingga warnanya keluar, sambil di remas – remas bunga sampai warnanya habis, kemudian saring airnya. Sisihkan.
  2. Siapkan panci, masukkan agar bubuk, gelatin bubuk/jelly bubuk, gula, susu kental manis, serbuk minuman, air bunga telang/teleng, dan air putih masak sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api.
  3. Biarkan uap panas hilang, masukkan freezer, biarkan hingga beku. Keluarkan dari freezer lalu Mixer hingga halus (masih kasar gapapa). Setelah itu bekukan kembali.
  4. Setelah beku, mixer kembali dengan tambahan SP/Cake Emulsifier yang telah di kukus, mixer hingga mengembang, ringan, lembut selama 15 – 20 menit.
  5. Tahap terakhir (setelah di mixer pakai SP), pindahkan ke wadah, kemudian bekukan kembali.
  6. Santap saat beku.
READ  Thian Ang Fong by Nina Yusab

resep Bubur Candil Bunga Telang

Bahan bubur candil

100 gram tepung ketan
1/4 sendok teh garam
100 ml air

Bahan kuah bunga telang
500 ml air
50 kelopak bunga telang
100 gram gula pasir
1 sendok teh tepung tapioka
*Rendam bunga telang di air hingga air berubah menjadi biru

Bahan kuah santan
200 ml santan
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan

Bubur candil bunga telang by ?Rina Sugiharti?

Cara membuat bubur candil

-Campur tepung ketan dan air sampai bisa di pulung
-Buat bola-bola candil
-Masak air rendaman bunga telang, gula pasir sampai mendidih
-Masukkan bola-bola candil, masak hingga bola-bola candil menggapung dan masak hingga bola-bola candil berubah kebiruan
-Masukkan tepung tapioka yang di beri sedikit air,aduk terus sampai kental dan meletup-letup
-Matikan kompor

READ  Ketan Mangga by Vebry Widyawati Suryaputra

Cara membuat kuah santan
-Rebus santan, garam dan daun pandan hingga mendidih

Sajikan bubur candil bunga telang dengan kuah santan

resep NASI BUNGA TELANG

Bahan nasi bunga telang

  • 1 liter beras cuci bersih
  • 5 genggam penuh bunga telang kering yang direbus dengan 1 liter air
  • 500ml santan kental
  • 2 batang sereh, memarkan ujungnya lalu ikat
  • 3 lembar daun salam
  • 1 buah jeruk nipis, ambil air perasannya
  • 3 batang cengkeh — opsional ya, kalau nggak ada ga usah
  • 1 ruas lengkoas memarkan
  • garam secukupnya
NASI BUNGA TELANG by Wita Lawin

Cara membuat nasi bunga telang

  1. Rebus bunga telang hingga mengeluarkan warna biru
    Setelah mengeluarkan warna biru yang diinginkan, biarkan hingga dingin terlebih dahulu
  2. Cuci bersih beras, setelah itu rendam dengan air rebusan bunga telang selama 2 jam — saya sih 2 jam ya ….
  3. Setelah 2 jam, tiriskan beras.
  4. Kukus beras selama 20 menit
  5. Masak santan diatas api kecil, tambahkan garam, sereh, salam, lengkuas dan cengkeh, aduk aduk diatas api kecil, hingga mendidih — jangan sampai santan pecah ya ….
  6. Setelah dikukus selama 20 menit, masukkan beras kedalam santan, tambahkan perasan jeruk nipis, aduk-aduk hingga asat
  7. Setelah asat, kukus lagi nasi hingga matang

5/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini