#TipsDanTrik

Kadang kangeeen banget sama pindangan ikan ini. Di Jawakan banyak yah yang jual ikan ini dalam bentuk udah matang. Kita tinggal goreng saja.
Kalau di Fakfak semua masih dalam kondisi segar. Jadi harus mindang sendiri deh.
Nah tips dan trik saya bahas gimana biar goreng ikan ini nggak keras serta bumbu meresap sempurna ke dalam ikan.
Termasuk trik menyimpanya juga agar awet. Saat sahur/buka tinggal goreng saja dan bisa dimakan hangat-hangat.

– Pertama-pertama bersihkan ikan dari jeroan dan insangnya. Lalu cuci bersih. Kalau beli ikan pilih mata yang bening dan insang masih merah yah. Jangan yang pucat.

– Tata ikan di panci/wajan. Kalau bisa selang seling yah antara ekor dan kepala. Kan katanya kalau ikan dijejer sama kepala-kepala dia nggak mateng-mateng karena malah ngobrol sama temannya hahaha.
Nggak deh serius, biar tempat muat banyak saja kok

– Bari perasan jeruk nipis, garam dan kaldu bubuk. Kasih air sampai cukup terendam.

– Rebus sampai mendidih, cukup 3 menitan. Tutup rapat.

– Tunggu dingin kalau mau digoreng. Kalau mau disimpan buat stok, buang airnya. Taruh di wadah kedap udara simpan di kulkas. Sewaktu-waktu mau goreng bisa. Saya pernah percobaan sampai seminggu aman. Belum pernah coba lebih dari seminggu.

– Saat mau goreng ikan taburi tepung beras dikit-dikit yah biar nggak meletus-letus minyaknya. Gorengnya bentar saja. Jadi permukaan ikan garing tapi dalamnya masih lembut.

Tanya dooong. Ikan ini kalau di daerah Bunda namanya apa?
Di Fakfak namanya ikan momar

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3135756349857021/

simak aneka tips dan trik kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here