#TIPSDANTRIK

CHILLI OIL

Ketika makan mie instant pedas yang impor maupun yang lokal dengan varian ala mie instant luar negeri, selain pedas, rempahnya juga wangi berbeda.

Dengan membuat Chilli oil yang kaya rempah, kita bisa membuat mie rebus yang biasa menjadi istimewa. Lebih hemat, secara mie instant tersebut lumayan mahal kalo menurut kantong saya hehe..

Selain itu, Chilli oil, dapat dimakan bersama dim sum, olahan ayam, bahkan dimakan dengan nasi hangat saja tanpa lauk pun sudah nikmat sekali.

Memanfaatkan cuaca yang beberapa hari ini panas dan cabe yang melimpah, ma syaa Allah, kita bisa simpan cabe dalam bentuk kering dan Chilli oil.

Membuat Chilli oil tentunya kita membutuhkan cabe. Pilih cabe kering berkualitas baik, lalu digiling kasar. Jika tidak sempat memproses cabe sendiri, bisa juga membeli cabe kering yang sudah berupa gilingan kasar atau berupa remah cabe.

Panaskan banyak minyak, lalu goreng di dalamnya rempah rempah. Saya memakai kayu manis, kapulaga, serai, jahe, cengkeh, bawang putih, daun salam dan daun jeruk. Jika bunda memiliki rempah yang wanginya menjadi favorit bunda, bisa ditambahkan juga.

Masak rempah hingga mengering, lalu saring dan sisihkan rempahnya. Selanjutnya, rempah tidak dipakai lagi, karena fungsinya hanya diambil aroma untuk minyaknya saja.

Memasukkan cabe gilingnya harus memperhatikan kondisi cabe. Jika cabe giling yang bunda pakai tidak kering sekali, maka masukkan cabe saat api masih menyala. Aduk aduk sejenak lalu matikan. Biarkan proses pengeringan cabe berlanjut menggunakan sisa panas dari minyak agar tidak gosong.

Jika cabe yang digunakan sudah berbentuk kering seperti ab*n cabe, maka, mencampurkan cabe ke dalam minyak, saat api sudah dimatikan. Tunggu minyak tidak terlalu panas, baru masukkan remah cabenya.

Tambahkan garam dan penyedap sesuai selera, bersamaan dengan masuknya cabe.

Langkah selanjutnya, membeli mie instant yang murah saja dan menambahkan Chilli oil ke dalamnya. Serasa mie mahal hehe..
Untuk penyimpanan, karena saya membuat banyak, saya tempatkan di wadah wadah kecil. Saya simpan di kulkas bawah. Saya ambil satu satu untuk konsumsi. Satu wadah untuk satu minggu di suhu ruang. Sebetulnya masih bisa tahan lebih lama, tapi sengaja saya buat porsi sekitar seminggu.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3144775572288432/

baca juga resep sambal kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here