Telur matang sempurna biasanya digunakan untuk resep deviled egg, salad telur, atau disajikan sendirian sebagai makanan kaya protein dan mengenyangkan. Anda cuma buang-buang telur jika saat direbus telur selalu retak atau bagian kuning telurnya menjadi kehijauan. Untungnya kini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjamin telur yang lezat, apalagi Anda dapat mudah mempelajarinya hanya dalam beberapa menit!

Waktu persiapan memasak: 5 menit
Waktu memasak: 3-20 menit
Total waktu: 8-25 menit
Metode 1 dari 2:
Merebus Telur dengan Kompor

1. Sortir telur dan masukkan ke dalam panci. Tumpuk telur-telur dengan hati-hati agar tidak retak. Jangan menumpuk telur lebih dari empat tingkat.
Jika Anda ragu apakah telur yang Anda milikis segar, ujilah dengan memasukkannya dalam mangkuk berisi air garam. Jika telur tenggelam ke dasar, artinya telur itu segar. Telur yang kurang bagus akan mengapung ke atas.
Untuk menjaga telur retak saat mendidih, tempatkan kain katun tipis dilipat di bagian bawah panci sebagai alasnya. Namun, hal ini tidak wajib.

2. Isi panci dengan air keran dingin. Tutupi telur dengan lembut dengan air minimal 3 cm. Tambahkan sedikit garam. Anda dapat menahan telur dengan tangan ketika menambahkan air agar telur tidak retak. Atau, cukup alirkan air di bagian sisi panci.
Air dingin membantu mencegah telur terlalu matang. Jangan memasukkan telur langsung ke dalam panci berisi air panas, atau kulitnya bisa retak dan telur bisa matang tanpa kulit.

Air asin membantu membuat putih telur lebih cepat mengeras, juga membantu menyumbat kebocoran kecil jika kulit telur retak saat dimasak.

3. Letakkan panci di atas api sedang. Tutup panci dengan tutupnya. Biarkan air mendidih. Air akan mendidih sedikit lebih cepat bila panci ditutup, namun tidak mengapa jika tutup panci dibuka jika Anda lebih suka mengawasi telur rebus.
Anda dapat mengaduk telur sesekali dengan sangat lembut untuk memastikan telur tidak terus berada di bagian bawah, karena telur akan matang kurang merata dan mudah retak. Gunakan sendok kayu untuk mengaduk telur dan aduklah dengan sangat lembut.

4. Angkat panci dari api saat air mendidih. Begitu air mencapai titik didih, angkat panci. Biarkan panci tetap ditutup. Panas air dan kehangatan yang tersisa dari kompor akan cukup untuk menyelesaikan masak. Tergantung pada seberapa keras atau lembut Anda suka telur rebus, Anda bisa membiarkannya seperti ini selama 3-20 menit:
Jika Anda suka telur seperempat matang, angkat telur dari air dalam tiga menit atau kurang. Putih telur akan matang, sedangkan kuningnya akan cair dan hangat.

Jika Anda suka telur setengah matang, angkat dari air dalam 5-7 menit. Kuning telur akan setengah lembut di bagian tengah, sedangkan bagian putihnya akan mengeras.
Jika Anda suka telur matang sempurna, biarkan telur dalam air panas hingga 10-15 menit. Seluruh bagian kuning telur akan mengeras. Telur akan sulit terlalu matang jika Anda menggunakan cara ini.

5. Dinginkan telur untuk menghentikan proses masak. Begitu waktu menunggu telur matang selesai, tiriskan air panas dari panci dengan hati-hati. Anda juga dapat mengeluarkan telur satu per satu menggunakan sendok berlubang. Siram telur di bawah air dingin, atau masukkan dengan hati-hati ke dalam mangkuk berisi air es agar suhunya turun dengan cepat. Biarkan telur di air dingin selama sekitar lima menit.
Setelah telur dapat Anda pegang dengan nyaman, masukkan telur ke dalam lemari es selama 20-30 menit untuk melonggarkan kulitnya.
Jika bentuk telur yang dikupas tidaklah penting bagi Anda, Anda dapat melewatkan kulkas dan langsung mengupas telur setelah dingin.
Untuk menguji apakah telur telah matang sempurna tanpa memecahkannya, putar telur di atas meja. Jika telur berputar cepat dan mudah, telur telah matang. Jika telur bergetar, Anda harus merebusnya lebih lama.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1940973562668645/?__tn__=K-R

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungEnak #FBGroupLangsungenak #LEMerebusTelurMatangSempurna

4.5/5 (2 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here