Bolu Gulung by Wawa Wiati

0
2613
bolu gulung

Bolu Gulung by Wawa Wiati

Masih penasaran dengan si bolu gulung. Kemaren-kemarin bikin hasilnya belum memuaskan. Mencoba lagi dengan resep yang sama seperti kemaren, hanya proses manggang lebih singkat karena api saya besarin lagi (sedikiiit dibawah api maksimal kompor gas saya) cuma 17 menit dari mulai masuk oven sampai api saya matiin dan ternyata hasilnya lebih baik dari yang kemaren, lebih lentur dan lebih moist. Alhamdulillaah… Terbebas sudah dari kutukan si bolu gulung .

Bahan:

– 4 butir telur
– 80 gr gula pasir butiran halus
– 50 gr terigu protein sedang
– 10 gr maizena
– 10 gr susu bubuk
– 1 sdt penuh ovalet/sp
– 40 g margarin dilelehkan bersama 30 ml minyak
– Sejumput garam
– Selai secukupnya

Cara Membuat Bolu Gulung:

– panaskan oven dengsn api besar.
– Kecuali campuran minyak dan margarin, mixer semua bahan jadi satu sampai mengembang dan berjejak kira-kira 10- 15 menit tergantung mixernya.
– Setelah mengembang dan berjejak turunkan speed mixer ke yang terendah.
-Masukan campuran minyak dan margarin dalam 3 tahap. Kocok asal tercampur rata saja . Atau boleh diaduk balik dengan spatula. Pastikan tidak ada mentega yang mengendap di wadah.
– Siapkan loyang ukuran 24×24, 25×35 atau 26×26 (saya paksi ukuran 26x 26 cm) yang telah dialasi kertas roti atau dioles margarin dan ditabur terigu.
-Tuang adonan kedalam loyang, hentak-hentakan loyang 2-3 kali untuk membuang gelembung udara yang terperangkap dalam adonan .
-Sisakan sedikit adonan untuk motifnya kalo mau dimotif
– Masukan kedalam oven yang telah dipanaskan. Saya pakai oven tangkring. 7 menit pertama kue ditaruh di rak bawah. Lalu pindahkan ke rak rak atas kira-kira 10-15 menit sampai permukaannya kering dan berwarna kecoklatan ( saya cuma 10 menit , saat mindahin kue ke rak atas saya menaruh rantang berisi sedikit air mendidih di rak bawah untuk menjaga supaya kue tetap lembab). Gunakan api besar
– Setelah matang keluarkan dari loyang dengan dialasi kertas roti atau kain bersih (saya pakai kain, lebih aman dari resiko kulit atas kue terkelupas dan nempel-nempel di alasnya)
– Olesi kue dengan selai lalu gulung dengan hati-hati. Biarkan dingin baru dipotong

Loading...

simak resep bolu gulung kami yang lain disini

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/2065344123564921/
#langsungenak#reseplangsungenak#komunitaslangsungenak#fbgrouplangsungenak
#LEbolugulung

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here