#RESEPLANSUNGENAK

BAPAO

Bahan:
85 gram tepung terigu protein rendah
165 gram tepung pao & mantao
50 gram gula pasir
1/4 sdt baking powder double acting
3 gram ragi instan
100 gram susu cair dingin
30 gram air es
20 gram mentega putih
1 gram garam

Cara membuat :

  1. Mixer terigu, tepung pao, gula, ragi instant dan baking powder sampai tercampur rata.
  2. Masukkan susu cair dan air
  3. Aduk sampai setengah kalis, masukkan mentega putih dan garam, mixer sampai kalis ( adonan mulus dan tidak lengket di tangan )
  4. Angkat dan bulatkan adonan.
  5. Bagi adonan, istirahatkan 10 menit
  6. Bentuk dan beri isian.
  7. Letakkan di kertas roti, istirahatkan sampai mengembang ringan kurang lebih 30 menit, tergantung suhu ruang ya. Semakin panas hawanya semakin cepat mengembang. Perlu diingat untuk proofing pao tidak perlu menunggu sampai mengembang 2 kali lipat.
    ( Hitung waktu proofing dari pao pertama yang selesai dibentuk. Pao yang pertama dibentuk berarti yang dikukus lebih dahulu )
  8. Panaskan kukusan sampai mendidih dan beruap banyak, bungkus tutupnya dengan kain supaya uap air nanti tidak menetes ke pao.
  9. Setelah kukusan mendidih masukkan pao, kukus pao sampai matang selama 10 menit atau sesuaikan dengan ukuran paonya. Saya sekitar 7 menitan karena ukuran mini.
  10. Setelah pao matang jangan langsung dibuka tutup kukusannya, tunggu beberapa saat, lalu buka perlahan lahan supaya uapnya keluar.
  11. Keluarkan pao dari kukusan, dinginkan pao, setelah agak dingin segera bungkus pao dengan plastik atau simpan di wadah tertutup supaya awet empuk.
READ  Churos Oreo by Teh Naura

NOTE:

  1. Adonan pao memang tidak boleh lembek seperti adonan roti, tetapi harus tetap halus, elastis dan gampang dibentuk. Penting sekali adonan pao harus sampai benar-benar mulus supaya pao kamu juga mulus.
  2. Untuk proofing jangan sampai mengembang 2 kali lipat jika tidak ingin pao kamu keriput akibat over proofing, perhatikan suhu ruangan. Semakin panas semakin cepat juga mengembang.
  3. Kukus dengan api sedang.
    Kukus pao berurutan dari yang awal dibentuk.

Link video proses membuat ada dibawah ini:

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/4019758428123471/

READ  Bread Banana dengan 1 Telur

baca juga resep bapao kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini