Sponsor
Home main dish ayam-daging Bakso Daging Sapi by Mustika Yuni Hayati

Bakso Daging Sapi by Mustika Yuni Hayati

0

Mengenang memori jaman sma tahun 96, suka bantuin bofet bakso, mie ayam dll punya mami saya di kota pariaman sumatera barat, salah satu menu andalannya adalah bakso dimasa dulu bofetnya jaya sekali sampai berakhir tutup karena sesuatu hal. Mengenang memori tertinggal dan resep ini juga selalu dipakai oleh adik saya disetiap acara di kbri senegal afrika. InsyaAllah rasanya enak dan krenyes buat jualan oke, konsumsi pribadi juga oke..

Berikut resepnya ya..

Bakso :
Daging has dalam
Kanji 1/10 daging
Putih telur
Batu es
Kaldu bubuk/knorr/royco
Bawang putih
Bawang putih goreng giling
Merica
Baking powder/pengenyal
Garam
Gula

Kalau jualan pake pengenyal.
untuk rumahan cukup baking powder saja sudah krenyes baksonya terus kalau untuk jualan kadar tepungnya hampir sama banyak dengan daging

Caranya :

saya kemaren kasih ke tukang giling karena food procesor di rumah sudah lama rusak. Saya coba pake blender bumbu malah rusak rugi dua kali hayati ??. Setelah digiling cetak pake tangan.

Jadi giling daging harus pake fp ya kalau ga punya ke tukang giling aja tempat langganan saya minimal 2kg ?

Kaldu :

Didihkan air masukan tulang sapi setelah dua menit buang air nya, lakukan 2-3 kali, saya biasanya 3x. Setelah itu masak tulang sapi minimal satu jam dengan air dingin api kecil supaya seluruh kaldunya keluar saya biasa 1-2 jam. Setelah itu tumis bawang putih cincang dengan minyak agak banyak masukan ke kaldu. Tambahkan 1-2 sendok kecap asin dan irisin seledri serta kaldu bubuk boleh royco atau knorr, gula dan garam merica. Masak minimal setengah jam supaya bumbunya menyatu dengan kaldu biarkan sampai mendidih. Masukan bakso yang sudah matang sebentar tuang ke dalam mie yang sudah disiapkan dimangkok, boleh pake mie, bihun atau tidak. Beri kecap cuka saos dan cabe atau sesuai selera. Irisan daun bawang, irisan seledri dan bawang goreng.

Selamat menikmati

Kuah bakso harus dominan dengan rasa kaldu bukan bumbu yang menyengat karena kuah bakso bukan soup. Bakso jangan terlalu lama didalam kuah karena itu akan merubah tekture dan rasa.
Selamat mencoba 

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1562618063837532

#Langsungenak#reseplangsungenak#komunitaslangsungenak#FBGrouplangsungenak#LEbaksodagingsapi

 

0/5 (0 Reviews)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

X