Wonton ayam by A Dini Yanti

~Wonton~
Wonton biasanya identik dengan udang … ?? tapi bagi yang alergi dengan udang jangan sedih karena bisa kok dihilangkan udangnya..saya menggunakan daging paha ayam, jamur kuping kering serta sayuran.
Membuat yang banyak sekalian lalu disimpan di freezer untuk persediaan sarapan pagi ataupun cemilan.

Wonton ayam by A Dini Yanti

Bahan kulit:
– 15 sendok makan (munjung) tepung terigu protein tinggi ( agar adonan tak mudah robek saat direbus)
– 1 sendok makan (munjung/penuh) tepung maizena boleh juga tepung tapioka.
– 1 butir telur ayam
– 1 sendok makan minyak goreng
– air panas secukupnya
– 1/4 sendok teh garam
Cara membuat kulitnya:
Campurkan merata tepung terigu, maizena/tapioka, garam aduk sampai merata buat cekungan di tengah tepung lalu masukkan telur dan minyak goreng, diaduk lagi, sedikit demi sedikit masukkan air panasnya sambil diaduk sampai berbulir bulir (saya mengaduknya menggunakan sumpit)
Setelah adonan berbulir baru kita uleni hingga kalis. Taruh di wadah tertutup rapat diamkan selama 30 menit lalu dibuka dan uleni sebentar maka adonan kulit siap digilas dan digunakan.

Adonan isian:
– 1 buah paha ayam (saya menggunakan paha ayam karena dagingnya lebih empuk) pisahkan dari tulang dan kulitnya (jangan dibuang karena tulang dan kulitnya saya gunakan untuk sup/kuahnya)
– daging ayam saya cincang halus lalu dibumbui dengan satu siun bawang putih cincang, 2 sendok makan saus tiram, 1sendok makan minyak wijen( boleh diganti minyak goreng bila tak ada), 1 sendok teh merica bubuk, 1/2 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh kaldu ayam bubuk, 1 sendok makan minyak asin. Lalu dicicipin rasanya sudah pas atau belum asinnya.?
Lalu aduk rata daging ayam dengan bumbu-bumbunya kemudian taruh dalam wadah tertutup masukkan ke kulkas. Biarkan bumbunya meresap kurang lebih 1 jam atau lebih bagus bila semalaman di kulkas.
– 10 buah jamur kuping kering direndam kurang lebih 1 jam sampai lunak lalu cuci bersih dan tiriskan bumbui dengan kaldu ayam secukupnya, sejumput gula pasir dan merica bubuk serta sedikit saja minyak wijen (boleh minyak goreng biasa) remas-remas sebentar jamur kupingnya dengan bumbunya lalu kukus kurang lebih 5 menit, bila sudah dingin maka dicincang
– 1 buah wortel ukuran sedang dicincang
– 1 batang seledri besar dicincang
– 5 batang daun bawang iris halus
– aduk rata semua bahan cincangan: wortel, seledri batang, jamur kuping dan daun bawang lalu campurkan dengan daging ayamnya tadi, aduk sampai rata. Maka akan tercium aroma adonan yang sangat harum ??

Mulailah menggilas adonan kulitnya… buatlah bulatan adonan kecil-kecil lalu pipihkan dengan menekan di atas meja baru menggilasnya sampai tipis, beri isian lalu di bentuk.
Lakukan sampai adonan kulit dan isian habis.
Dari adonan kulit dan isian di atas bisa menjadi 60 buah wonton???

Cara menyimpannya:
Tatalah di atas nampan yang telah ditaburi tepung maizena/ tapioka, beri jarak satu sama lainnya lalu masukkan ke dalam freezer tanpa ditutup wontonnya kurang lebih 15 menit maka akan mengeras dan cukup kering baru pindahkan ke dalam plastik makanan walaupun dijadikan satu tidak akan lengket satu sama yang lainnya. Simpan di freezer sebagai peesediaan makanan.

Cara membuat supnya:
– bawang putih dan putihnya daun bawang dikeprek saja
Tumis sampai harum pakai api kecil, masukkan kecap asin secukupnya baru masukkan air, tambahkan merica bubuk secukupnya. Setelah air mendidih baru masukkan tulang paha ayamnya, tambahkan kaldu ayam bubuk bila suka. Rebus sampai matang, cicipin rasanya sampai pas.
– goreng kulit ayamnya dengan jahe keprek sampai keluar minyaknya lalu saring minyaknya masukkan bawang putih cincang. Minyak ini untuk pelengkap supnya.
– wonton direbus dulu dalam air mendidih kurang lebih 15 menit maka wonton akan mengambang tiriskan pindahkan ke dalam sup rebus sebentar saja kurang lebih 5 menit maka wonton dan supnya boleh dihidangkan dengan sayuran ataupun mie sesuai selera.
??? selamat mencoba.

Thread Starter

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here