#ResepLangsungEnak
TUMIS BUNGA PEPAYA/TAGAS-TAGAS
Aku tuh sebenernya takut kalau masak ini.
Takuuut banget. Tapi tetep nggak bisa tahan dengan godaannya.
Tiap ada yang jual bunga pepaya mentah seolah-olah itu kembang melambai-lambai dengan muka innocent dan lengkap dengan puppy eyesnya.
Ya udah deh beli sekalian banyak.
Kaaaan? Aku baikkan? Aku tuh nggak tegaan

Ini kalau di daerahku namanya sayur tagas-tagas.
Kembang kates campur godong telo. Uwenak Alhamdulillaaah.
Apalagi kalau aku yang masak. Hilang paitnya karena kena manisnya tanganku #kibasrambut wkwkwk.

Bahan:
500 gram bunga pepaya
100 gram pucuk daun singkong
800 ml air
3 sdm garam

(Cuci bunga pepaya dan daun singkong. Rebus air dan garam sampai mendidih. Masukkan bunga pepaya dan daun singkong sampai mendidih lagi kira-kira 10 menitan. Aduk sesekali. Jangan ditutup pancinya supaya warna daun tetap cantik. Setelah mendidih 10 menit angkat. Tiriskan air panasnya, ganti air biasa remas pelan. Tiriskan. Ganti air lagi remas pelan lagi, ulangi 3 sampai 4 kali. Kalau masih mau ada pahitnya cukup sekali aja. Atau terserah kalau mau pakai cara lain, mungkin rebus dengan asam jawa, lempung dan lain-lain. Pisahkan antara daun singkong dan bunga pepaya. Kepal daun singkong saja lalu iris halus)

Bumbu:
Bawang putih 5 siung geprek
Bawang merah 10 siung geprek
Cabe rawit 20 buah potong-potong
Minyak Goreng 7 sdm
Gula 1 sdm (sesuai selera)
Garam 1 sdm (sesuai selera)
Kaldu bubuk 1 sdm (sesuai selera)
Ebi sangrai 6 sdm

Cara Masak:

  1. Panaskan minyak. Tumis bawang merah putih sampai harum. Masukkan cabe dan ebi. Aduk sampai cabe layu.
  2. Masukkan bunga pepaya dan irisan daun singkong. Beri air sekitar 50-80 ml. Aduk rata.
  3. Masukkan gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata. Tes rasa. Setelah dirasa air sudah surut dan bumbu sudah meresap bisa diangkat.

Sajikan dengan nasi hangat dan lauk sesuai selera. Bagi yang suka makanan ini aku yakin semua pada khilaf makan.
Entah itu sama nasi atau digadoin saja. Kalau aku habis banyak ya cuma digadoin gitu hehehe.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/4239387152827263/
simak juga kreasi bunga pepaya kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here