#BonitaJanjianPosting
#LEMenuBebas
#LEtteokbokki

Tteokbokki by Luthfie Ana

Seru-seruan ala Bonita kali ini menu nya bebas.
Maka ngga afdol rasanya, kalo saya yang hampir tiap hari menikmati Drama korea , sebagai “menu harian” saya, tapi gak nyobain menu korea yang hampir selalu ada di stiap episode drama yang saya tonton.
Berawal dari penasaran, saya pernah beli di salah satu tenant makanan (restoran korea), dalam rangka nyoba nyoba. Rasanya sih unik aja menurut saya.

Selanjutnya, gara gara abis nonton drama korea, liat si Ji Chang Wok nyemilin itu jajanan, kok kliatannya enak dan ganteng bangeettt.saya pikir, bikin sendiri ajalah…, meskipun saya ga mungkin brubah jadi ganteng
Yah, dari pada beli(langsung lirik dompet yang kembali fitri abis lebaran seminggu ), toh membuatnya cukup simple.

Lagian kalo bikin sendiri, bisa disesuaiin sama selera saya sendiri.
Pastinya, insyaallah terjamin kehalalannya.
Tteokbokki namanya, atau kue beras, atau rice cake.

Bahan tteok :
250 gr tepung beras
1 gelas air
Garem sejimpit (optional, karena biasanya resep- resep yang saya liat ga dikasi garem)
4 sdm minyak wijen.

Cara nya :

-Campurkan tepung beras, air dan garam, masak diatas api kecil, sambil terus diaduk sampe adonan mengental, dan siap dipulung.
-Matikan api, tunggu agak dingin, lalu uleni adonan, dengan mencampurkan minyak wijen.
-Bentuk adonan menjadi bulat panjang seperti jari tangan.
-Waktu memulung adonan, tangan olesin minyak wijen, biar adonan terlapisi minyaknya, dan ngga lengket.
-Setelah itu kukus tteok sampai matang. Potong-potong kurang lebih 2cm.

Bahan saus ( cara memasak tteok) :
tteokk yang sudah dipotong2 sekitar 2 cm an
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
10 cabe keriting / cabai merah
5 cabe rawit ( sesuai kepedasan yang diinginkan)
daun bawang
3 sdm bubuk cabai
2 sdm Saos sambal secukupnya
kaldu bubuk (optional)
gula pasir secukupnya
minyak goreng untuk menumis
air
minyak ikan
2 biji tomat

Cara memasak:

-Bawang merah, bawang putih, tomat, cabe merah/ keriting, cabe rawit dihaluskan lalu tumis.
-setelah bumbu harum masukkan tteokk yang sudah dipotong-potong tadi.
-Lalu tambahkan air, kaldu bubuk, minyak ikan, gula pasir, saos sambal dan bubuk cabai.
-Kalo kurang asin bisa ditambah garam. Icip – icip sampai rasanya sesuai dan pas yang diinginkan.
-Tunggu sampe air menyusut, dan sedikit kental, serta tteokk menyerap bumbu.
-setelah matang ,taburkan daun bawangnya.
-Terakhir, saat disajikan taburi dengan biji wijen.

Nah…tteok-bokki siap dinikmati…(sambil bayangin Lee min Ho )

#LangsungEnak
#LEBONITA
#GroupWhatsappLESurabayaDanSekitarnya.
#LangsungEnak
#LEBONITA
#GroupWhatsappLESurabayaDanSekitarnya

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1468105276622145/

baca juga resep makanan teokbokki kami yang lain di sini
#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak
#Letteokbokki

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here