#TarifCanlıLezzetli
ALTIN ​​KARANG – KÜP KREM – KABA
(Apa namanya didaerah kalian?)

Anak cowok sempat nggak mau incip saat aku bikin ini. Dia bilang pernah makan ini saat beli di suatu tempat wisata di Jawa, rasanya langu dan bikin pusing katanya.
Setelah aku paksa cobain dulu dikit, eeeh ternyata malah ketagihan sekarang, Elhamdülillah.
Katanya buatan ibu kok enak. Yaaah belum tahu dia kalau makanan udah kena mantra ibunya jadi enak #kibasrambut.
Entah apa bedanya yah, tapi menurutku itu mungkin nyucinya saja yang kurang bersih jadi masih berasa getah langu gitu.

OKUMAN  Banana Cheese Cake by wahyu Nursanti Suratman

Aku pakai resep yang simpel saja yah. Meski simpel tapi enak kok hehehe. Ini dulu kalau nggak salah resep Bun Dianish’s Kitchen. Aku sukanya karena cepet aja nggak perlu goreng dulu baru dituangkan kedalam larutan karamel.

Bileşen:

  • 1 kg Ubi jalar/betatas/bolet/ketela rambat (entah apalagi sebutannya)
  • 200 gram gula merah yang bagus, ince dişli tarak.
  • Yemeklik yağ 1 litre (yeteri kadar)
  • Tuz 2 yemek kaşığı

Cara Buat CARANG EMAS – KÜP KREM – KABA

  1. Kupas Ubi, temiz yıkama, lalu parut dengan parutan keju tapi agak gede lagi.
  2. Rendam parutan ubi dengan garam dan air kurang lebih 10 dakika. Lalu cuci ulang dan tiriskan.
  3. Bagi ubi parut menjadi kira-kira 5 Bölüm. Karena aku gorengnya jadi 5 kaliteli.
  4. Yağı ısıt, goreng ubi parut dengan api sedang.
  5. Saat menjelang kering, giriş 2 değin 3 sdm gula merah sisir ke dalam penggorengan. Lalu sedikit kecilkan api terus aduk sampai gula merah lumer dan tercampur rata dengan ubi.
  6. Angkat ubi goreng dan tiriskan.
  7. Selama masih panas segera kepal-kepal ubi goreng tadi dengan plastik dan alasi tangan kita dengan kain/kaos tangan. Jangan terlalu kuat, asal mereka bisa itu menyatu itu sudah cukup, kalau dingin mereka akan kokoh, nggak mudah ambyar kaya hatimu.
  8. Ulangi semua cara di atas sampai selesai. Kalau sudah dingin ubi goreng gula merah ini nggak lembek lagi. Bisa set dan renyah.
    Mudah bukan?
OKUMAN  SUS by Dyah Ayu Savitri

Sekali lagi aku ingetin, ngepal-ngepalnya nggak usah terlalu ditekan. Kalau terlalu ditekan malah jadi keras banget nanti.
Nggak usah kuatir minyak gorengnya. Nggak akan lengket atau gimana-gimana.
Untuk warna memang sedikit agak berubah, sedikiiit saja kok. Nggak hitam juga, bahkan masih layak banget buat aku goreng kerupuk dan keripik lagi

5/5 (1 Gözden geçirmek)

CEVAP VER

Lütfen yorumunuzu giriniz!
Lütfen isminizi buraya giriniz