#RESEPLANGSUNGENAK

SELAI NENAS
Hal penting dalam pembuatan selai nenas atau selai nastar :

  1. Pilih nenas matang dan saya lebih merekomendasikan nenas palembang karena jenis nenas ini hasilnya lebih berserat karena kandungan airnya tidak terlalu banyak. Seratnya juga panjang. Kebetulan di Swedia tidak ada jenis nenas seperti ini. Tapi jika kalian ingin menggunakan nenas seperti yang saya gunakan juga tidak masalah. Kelebihan nenas yang kandungan airnya banyak seperti yang saya gunakan ini biasanya hasilnya lebih mudah mengkilat setelah tercampur gula.
  2. Pangkal nenas jangan dibuang karena akan membuat selai lebih berserat.
  3. Sebaiknya nenas jangan diblender dan kalau menggunakan parutan jangan parutan untuk kelapa yang terbuat dari paku paku kecil. Nanti seratnya tidak keluar.
  4. Gula sebaiknya jangan “sesuai selera”. Harus sesuaikan dengan takaran bersih dari nenas yang sudah diparut. Jangan kebanyakan karena selai nastar dimasak hingga kering kalau gula kebanyakan bisa cepat keras kalau dingin. Kalau gula kebanyakan proses karamelisasi akan terbentuk dengan cepat dan selai menjadi cepat mengeras juga kalau sudah dingin. Kalau terlalu sedikit pun kurang bagus juga karena nanti malah kurang merekat dan akan menyebabkan nastar cepat basi. Ingat bahan gulalah yang membuat nastar tahan lama dan juga akan memberi efek mengkilat pada selai. Kalau gulanya kurang biasanya warna juga kurang mengkilat dan cenderung butek.
  5. Sebelum digunakan sebaiknya biarkan selai nastar di suhu ruang selama 24 jam tapi tutup dengan plastik setelah benar benar dingin agar permukaannya tidak kering. Jadi pas digunakan untuk isian nastar lebih mudah dibentuk.
  6. Pada saat membulatkan selai, usahakan tangan sedikit lembab. Kalau dirasa mulai lengket bisa diberi setitik air matang ke telapak tangan. Jadi hasilnya lebih udah dibentuk dan mulus. Bila perlu cuci tangan sesekali.
  7. Bulatkan selai dalam takaran yang paling tidak sama. Saya kurang lebih sekitar 4 gram satu bulatan.
READ  Kue Gambang by Selvi Oktaviani

BAHAN :
1300 gram atau 1,3 kilogram nenas yang sudah diparut (total bersih berat nenas setelah diparut ya. Jadi bukan perbuah).
350 gram gula pasir.
4 butir cengkeh.
3 centimeter kayu manis lingkar kecil.
1/2 sdt garam.

Cara membuat:
•Tuang nenas yang sudah diparut ke dalam kuali.
•Masukkan cengkeh dan kayu manis.
•Masak di api sedang hingga airnya menyusut.
•Setelah air nenas menyusut, masukkan gula pasir dan garam.
•Masak di api kecil sambil sesekali diaduk.
•Masak hingga cairan gula mulai menyusut dan kering. Jika sudah terlihat mulai menyusut harus terus diaduk agar hasilnya merata kering dan matang.
•Ingat api harus kecil.
•Angkat dari kuali dan biarkan benar benar dingin.
•Setelah dingin tutup dengan plastik wrap agar permukaanya tidak kering. Biarkan 24 jam di suhu ruang agar tekstur selai lebih set. Baru siap digunakan.

READ  Roti Boy KW by Nayma Nadhira

Selamat mencoba.
Supaya lebih mudah, teman teman bisa melihat video cara pembuatannya di channel youtube dapursicongok berikut ini :

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/4033183246780989/

baca juga resep nastar kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here