Tips Adonan Roti / Martabak Anti Gagal by Firmansyah

0
351
Tips Adonan Roti / Martabak Anti Gagal by Firmansyah

Asalamualaikum.

Selamat pagi semua nya , Lama ga share di grub LE nih..

Sekedar masukan untuk pemula yang baru belajar bikin makanan sejenis Roti / Martabak itu saya kasih patokan untuk basic nya aja ( takaran stabil ) setiap Roti / kue itu ada rumus nya perbandingan antara terigu : air , misal nya roti ( bapao , donat , pizza ) itu pakai perbandingan rumus 1 : 1/2 , apa itu rumus 1 : 1/2 ? Oke akan saya jelasin ya buat kalian yang kapok dan sering gagal bikin Makanan sejenis roti , simak aja simple kok di jamin 100% sukses , dan inget GAK USAH NANYA KOK GA PAKE TELUR , kenapa begitu ? inget ini basic rumus takaran stabil bikin Roti ya ..

Rumus Basic Roti adalah 1 : 1/2 artinya terigu : air 1 untuk terigu dan 1/2 untuk air , misal nya terigu nya 500 gr dan air nya 250 ml itu rumus nya dengan takaran masing2 gram (gr) dan mili liter (ml) ya , di jamin pasti ketemu itu tekstur nya gak lengket gak keras 100% pas dan kalian ga usah takut kurang atau lebih itu takaran air nya.. nah untuk takaran gula , ragi instan , margarin itu juga ada takaran standar nya , misal nya tiap 500gr terigu itu pakai margarin nya 10% dari berat terigu , contoh nya 500gr terigu berati 50gr margarin , untuk gula nya gunakan takaran sendok teh (sdt) contoh nya setiap 100gr terigu itu 1 sdt gula pasir , jadi kalo terigu nya 500gr itu gula nya 5 sdt , nah kalo ragi instan nya setiap 500gr terigu itu pakai 1 sendok makan (sdm) , untuk garam secukup nya aja ya kalo saya sih cuma 1/2 sendok teh cukup . Ok setelah ketikan saya barusan coba di bikin simple ya

Terigu 500gr
Air 250ml
Ragi 1 sdm
Gula 5 sdt
Margarin 50gr
Garam 1/2 sdt ( secukupnya )

Cara buat nya gampang , gunakan wadah cekung ( baskom , penggorengan
) campur semua bahan kering ( terigu ragi gula garam ) aduk rata langsung tuang air nya aduk ngasal aja gpp pake sendok biar air nya nyatu sama terigu , kalo sudah menggumpal remas remas uleni cukup 5 menit lalu masukan margarine nya , lanjut uleni deh sampai kalis sambil di tinju2 ( biar ada tekanan ) cukup 5 – 10 menit sekira nya sudah lentur langsung aja ambil adonan 50gr atau kira kira aja bulatin terus gulingkan ke terigu sampai rata (biar ga lengket saat profing) setelah sudah habis adonan coba diamkan selama 15 – 30 menit .. dan adonan siap di olah , mau di oven (pizza) , kukus bisa (bapao), goreng bisa (donat) , itu adonan ga usah di kempesin lagi tidak apa apa untuk pemula biar bisa jadi pemicu semangat karna awal yang sukses bisa terus jadi dorongan , buat saya gagal di awal itu biasa karna saya punya kemauan dan berani gagal , tapi tidak semua pemula berani terima kegagalan dalam pembuatan roti , tapi kalo bikin berawal sukses itu jadi semakin semangat buat pemula , saya hanya pemula , cuma tukang cendol bukan ahli roti , saya hanya ingin berbagi apa yang saya pelajari dengan pengalaman yang banyak gagal nya dan sekarang saya rangkum semudah mungkin untuk pemula . Apabila pemula sudah bisa basic roti yang saya rangkum tinggal di tingkat kan lagi resep nya untuk telur nya , susu bubuk nya , bread improver nya . bikin roti juga bukan tentang resep , tapi tentang gimana cara kita konsentrasi membuat nya , jangan coba coba bikin roti apabila hati kalian sedang ga enak perasaan bisa gagal alias bantet , mitos tapi itu sering terjadi loh pengalaman banget heheee

hehe semangat buat kalian , sukses selalu

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/2416423611790302/

simak pengetahuan umum kami yang lain disini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here