#RESEPLANGSUNGENAK

Kalo yang ini aku gaktau namanya apa, Bun. Suamiku menyebutnya Templeng goreng. Bikinnya dari talas alias mbothe yang diparut, trus dikasih ulekan garam bawang, dan ditambah sebutir telur. Diaduknya agak lama biar ngembang.

Menurutku sih enakan ini dibanding singkong. Soale ini tu luarnya krispi, tapi dalemnya lembuuuttt. Dan rasanya gak ada gonyeh-gonyehnya blas. Gonyeh iku opo basa Endonesane mbuh.

Ini juga termasuk cemilan murah ya. Talas seperempat paling 2rebu, telor serebu limaratus, bumbu minyak dua rebu. Limarebu udah kenyaaang.

Alhamdulillah Lubang Semut ngajarin aku buat sedikit kreatif dalam hal makanan. Kalo di kampung pengen apa-apa tinggal beli, yak. Wkwkw.

Tapi sewaktu kecil, ibuku emang jarang bebikinan makanan kek gini. Gak sempet. Beliau pekerja keras sejak kecil. Goreng pisang ditepungin aja belum tentu setaun sekali. Jadi kami anak-anak gak bisa bikin apa-apa. Dasar males aja ding. Wkwkw.

Trus pas awal-awal nikah dan tinggal di mertua, aku rada kaget juga karena ibu mertua rajiiiin banget bikin makanan. Dan setelah di gunung, suamiku yang ngajarin bikin-bikin kek ginian. Wkwkkw.

Resep:

Bahan: Talas seperempat kilo dikupas, cuci, parut.

Ulek bumbu: garam setengah sendok teh, jangan keasinan sebab matengnya bakal setingkat lebih asin.
Bawang merah satu siung, bawang putih satu siung.

Aduk bahan dan bumbu, terus tambahkan sebutir telur. Kasih penyedap kalo mau.

Aduk lagi sampe mengembang. Kalo suka, boleh tambahin daun bawang.

Terus tinggal goreng di minyak panas. Gorengnya dicidukin pake sendok seperti nggoreng bakwan, ya, Bun.

Sudah matang…
Murah, enak. Kalo masalah gizi, aku nggak tahu. Hehe

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/2864395503659775/

baca juga olahan makanan tradisional kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here