#ПЛАНИРОВАНИЕ ПОЕЗДКИUNGENAK
Halo semua….semoga kita semua dalam keadaan sehat ya.
Izinkan saya sedikit bercerita soal isi postingan ini,yaitu «Ikan Mas Naniura» .seperti yang kita ketahui bahwa negara kita ini memiliki banyak kekayaan kuliner,salah satunya ikan naniura.makanan ini merupakan masakan khas Batak Toba yang berasal dari Sumatera Utara.

Naniura itu bahasa sederhananya adalah ikan yang dimasak menggunakan asam jungga dan campuran bumbu lainnya yang sangat khas dari Sumatera Utara,yaitu andaliman,bawang Batak dan batang kecombrang.asam jungga sendiri memiliki rasa asam yang kuat sehingga bisa melunakkan daging ikan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.bentuknya mirip jeruk purut,tapi dalamnya mirip Sunkist dan aromanya benar-bensr sangat harum .

Sebenarnya,cara membuat ikan naniura ini sangat mudah tapi harus telaten meracik bumbunya agar menghasilkan ikan naniura yang enak,tidak bau amis dan tidak berasa makan ikan mentah.saya sendiri baru belajar membuatnya Dari mertua baru-baru ini karena suami saya sangat suka .katanya sejak suamiku kecil dulu,mertua sering membuatnya .jadilah saya diajari mama mertua membuatnya.katanya agar makanan khas kita itu tidak hilang dari bumi ini jadi wajib dilestarikan.saya juga baru-baru ini mau memakannya karena orangtua saya juga bukan penggemar naniura yang original/autentik gini.versi naniura orangtua saya sedikit berbeda dari sini jadi yah,gitu deh.kapan-kapan saya share naniura versi orangtua saya ya .

ЧИТАТЬ  Kepiting Asam Manis by KaSyafa

Ok , langsung kita ke resep dan cara membuatnya aja ya.

Ikan Mas Naniura
By Anggun Sitinjak

Рецепт и способ обработки карпа наниура от Anggun Sitinjak

Bahan-bahan memasak naniura

  • 2,5kg ikan mas ukuran besar
  • 3 buah asam jungga (boleh asam nipis 8ons)
  • 1/4 kg batang rias/batang kecombrang
    Ambil bagian putihnya saja lalu rebus
  • 1/2 ons bawang Batak (batang saja digoreng)
  • 1 ons bawang merah(digoreng)
  • 5 зубчик чеснока(digoreng)
  • 1 ons kemiri(digoreng)
  • 3 ruas jari jahe (digoreng)
  • 1/2 ons kunyit (mentah)
  • 3 костяшка сустава (необязательный)(mentah)
  • Sesuai selera cabe(вещи)
  • 1/2 ons andaliman segar(mentah)
  • 1 Sdm garam halus (адаптировать)
ЧИТАТЬ  Минималистичный суп гураме с приправами от Heni Hendayaningsih

Cara memasak naniura

  1. pilih ikan mas berukuran besar agar banyak dagingnya.bersihkan,buang sisiknya lalu fillet daging ikan mas .agar cepat,minta tolong tukang jualan ikannya buat fillet ikan mas.di kota saya ini sudah biasa mereka fillet ikan untuk naniura.mereka langsung tau.
  2. Чистая рыба ,lalu kerat-kerat dagingnya jika mau utuh 1 gitu,atau bisa dipotong-potong kecil sesuaikan dengan kebutuhan ukurannya.sisihkan ke wadah agak besar.siram ikan dengan air mendidih aduk cepat selama 1 menit lalu tiriskan.
  3. peras asam jungga ke dalam ikan mas tadi.biji asam jangan ikut agar tidak pahit.aduk rata,sisihkan dulu.
  4. Haluskan kunyit dan kencur duluan .jika menggunakan blender,gunakan air matang ya.lalu masukkan ke ikan.aduk rata .
  5. Haluskan kemiri,красный лук,чеснок,имбирь,batang rias dan andaliman.masukkan ke ikan.aduk sampai rata lalu tambahkan garam.jika mau boleh tambahkan kaldu bubuk tapi tanpa kaldupun ikan ini sudah sangat enak .koreksi rasa lalu istirahatkan minimal 1 jam atau 6 jam di suhu ruang untuk rasa lebih enak.
  6. Setelah diistirahatkan,ikan sudah boleh dimakan .daging ikan sudah lembut,kayak dimasak gitu rasanya pun enak dan bumbu meresap dengan sempurna.percayalah,ikan naniura ini enak,tidak berasa makan ikan mentah seperti bayangan dulu
  7. Silahkan yang mau mencoba, khususnya orang Batak Mari kita lestarikan makanan khas kita ya.jika resep dan cara pembuatannya berbeda dari teman-teman semua,mohon dimaklumi dan diterima perbedaan ini karena saya percaya,setiap keluarga punya cara masing-masing.saya sudah upload videonya ke YouTube channel Emily Napit Inspiration.mertua saya sendiri yang bikin jadi saya abadikan agar ada kenangan .semoga menginspirasi.
ЧИТАТЬ  Lele Bumbu Kuning by Hanny Handda

Klik link untuk menonton videonya ya

0/5 (0 отзывов)

ОСТАВЬТЕ ОТВЕТ

Пожалуйста, введите ваш комментарий!
пожалуйста, введите ваше имя здесь