#RESEPLANGSUNGENAK
#Gyoza
#post1

Mumpung ada waktu luang, coba berbagi resep Gyoza. Secara tampilan ini mirip dengan Jiaozi, Mandu, Kuotie, atau Choipan. Perbedaan ada di jenis kulit dan isian saja.

Seperti Cabbage Roll, kami membagi jadi 3 tahap yaitu : persiapan/preparation, perakitan/assembly dan pematangan/cook.

Persiapan/Preparation.

Bahan utama :
350 gram daging ayam, paha atas. Kulit dan lemak dipakai. Bobot dihitung setelah di fillet, dipotong dadu dan dimasukkan ke dalam kulkas.

Bumbu :
1 sendok makan saos tiram.
1 sendok makan kecap manis.
1 sendok makan minyak wijen.
1 sendok makan kecap asin.

Ayam dan 4 jenis bumbu digiling secara bersamaan. Setelah digiling, masukkan hasil gilingan ke dalam kulkas. Sembari menunggu persiapan bahan pendamping.

Bahan pendamping :
70 gram kubis. Dirajang sehalus dan sekecil mungkin.
70 gram bawang pre. Dirajang sehalus dan sekecil mungkin.
1 sendok makan tepung maizena.

Campur gilingan ayam dan bahan pendamping sampai rata. Upayakan tidak ada sisa tepung, kubis, atau bawang pre yang tidak tercampur. Masukkan lagi ke dalam kulkas sampai proses perakitan.

Note :

  1. Usahakan tidak menambah apapun yang bersifat cair ke dalam isian. Semakin basah adonan, semakin sulit untuk melipat.
  2. Jumlah bahan pendamping bisa ditambahkan sesuai selera. Beberapa pelanggan meminta penambahan Kucai, perasan jahe, atau bahkan rajangan cabai rawit.
  3. Untuk isian Gyoza, kami tidak menggunakan garam, gula, merica atau penyedap sama sekali. Kami ingin menonjolkan paduan rasa ayam, kubis dan bawang pre. Maka pemilihan ketiga bahan di atas adalah kunci utama dari hasil masak.
  4. Bila disimpan di dalam freezer, isian bisa bertahan hingga 1 bulan.

Perakitan / Assembly

Kami membeli kulit Gyoza dengan diameter 10cm dari produsen langsung. Bisa dicari di marketplace, e-commerce, atau pasar. Secara umum, kulit Gyoza lebih tipis dibanding kulit siomay atau kulit pangsit.

Bila tidak ada kulit Gyoza, bisa menggunakan yang ada atau bahkan bisa membuat sendiri. Kami selama ini tidak mampu untuk membuat, karena :

  1. Kulit yang kami mau harus tipis dan tidak mudah robek.
  2. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kulit cukup panjang.
  3. Beban kerja yang tidak memungkinkan.

Cara isi :
A. Ambil 1 lembar kulit.
B. Gunakan sendok kecil untuk mengisi. Usahakan agar selalu menggunakan sendok yang sama selama proses pengisian, setidaknya agar jumlah isian tiap Gyoza sama.
C. Sisakan 1~1.5 cm di sekeliling kulit agar mudah dilipat. Bila ternyata kulit sobek atau susah dilipat, artinya isian terlalu banyak.
D. Cara melipat bisa dilihat secara detil di youtube atau video tutorial lain.
E. Kami memisahkan tiap biji Gyoza dengan plastik lembaran, agar mudah menyimpan. Kami tidak merekomendasikan pemisah dari kertas atau kertas minyak, karena akan menempel dan merusak bentuk.
Beberapa orang menggunakan tepung tapioka/maizena agar tiap biji Gyoza tidak menempel. Namun, bagi kami, plastik adalah yang terbaik karena sederhana dan tidak kotor.
G. Gyoza yang telah dibentuk, bisa disimpan dalam freezer hingga 1 bulan dan tidak ada perubahan rasa. Namun, bila ternyata ada perubahan rasa, artinya ada perbedaan dalam banyak hal. Misalnya, jenis kulkas, suhu simpan, kualitas bahan, dan sebagainya.

Pematangan / Cook.

Gyoza umumnya dimasak dengan 3 cara :
A. Deep fried / goreng biasa.
Siapkan wajan dan isi dengan minyak, usahakan agar gyoza terendam sempurna. Masak dengan api sedang hingga kulit coklat keemasan.
B. Steamed / kukus.
Tata Gyoza di kukusan. Idealnya bagian yang menempel di kukusan diolesi minyak agar tidak menempel. Kukus dengan api sedang sampai matang.
C. Pan Fried.
Tuang 1 sendok makan minyak goreng di atas wajan teflon, ratakan. Ada pelanggan yang memilih menggunakan margarin atau minyak zaitun. Intinya adalah agar Gyoza tidak menempel di teflon.

Tata Gyoza agar tidak saling menempel. Saat digoreng, kulit Gyoza akan mengembang. Bila terlalu dekat, akan menempel dan merusak satu sama lain.

Nyalakan kompor dengan api kecil~sedang dan biarkan sampai bagian yang menempel agak gosong. Setelah itu, dengan kondisi api masih menyala, tuang 25ml air ke dalam teflon. Segera tutup teflon dan biarkan sampai air habis.

Ada pelanggan kami menggunakan Gyoza sebagai campuran dalam sup seperti Tom Yum dan Wonton. Keduanya juga cukup puas dengan rasanya. Jadi nyaris tidak ada batasan dalam pilihan untuk memasak.

Note :

  • Gyoza amat bergantung pada kualitas kulit. Bila kulit yang digunakan tidak terlalu bagus, maka mereka akan cepat kering dan keras saat dikonsumsi. Ini bisa dihindari dengan mengukus ulang Gyoza saat akan dikonsumsi.
  • Harga jual dikembalikan ke tiap pembuat.
    Apakah bahan yang ada bisa diganti dengan yang lain? Bisa. Apakah kemudian rasanya bisa sama dengan resep awal? Kurang tahu.

Penyajian :

Umumnya, Gyoza disajikan dengan shoyu atau kecap asin yang ditambahi irisan jahe. Bisa juga dengan chili oil. Kami menggunakan chili sauce.

Semoga bermanfaat

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/4016951678404146/

baca juga resep oriental recipe kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here