Pengembang kue

Pengembang Kue: Soda Kue vs. Baking Powder by Deisy Sofiassweet

Baru-baru ini saya lihat ada beberapa pertanyaan mengenai perbedaan dan kegunaan baking soda dan baking powder. Saya coba bantu jawab ya, kalau ada masukan atau info lain di komen nanti saya edit postnya. Komen atau tanggapan untuk penggunaan selain kuliner tidak saya tanggapi ya, biar fokus hehe. Saya bukan ekspert lho ya, hanya rajin belajar. Jadi sangat-sangat senang jika ada para master mengkoreksi tulisan ini jika ada yang salah.

NAMA
Soda Kue disebut juga Baking Soda
Baking Podwer tidak ada nama lain

KANDUNGAN ISI
Soda Kue: Sodium Bicarbonat
Baking Powder: Sodium Bicarbonat + Acid + Pati jagung (corn starch)

Nah, jadi Baking powder itu sudah mengandung soda kue, tapi karena dicampur dengan bahan lain maka kekuatan pengembangnya jauh dibawah soda kue.

CARA KERJA
Keduanya berfungsi sebagai pengembang kue, yang ketika diaktifkan akan menghasilan karbondioksida yang mampu mengangkat adonan agar tinggi, empuk, dan berpori.

BAHAN PENGAKTIF
Bedanya, nah ini yang penting, meski berfungsi sama tetapi soda kue hanya bisa diaktifkan oleh bahan yang mengandung Acid (asam), seperti:
lemon, coklat, coklat bubuk, madu, cuka, yogurt, gula palem, buttermilk.
Mengandung acid ya, bukan berarti bahan-bahan ini rasanya asam. Hanya secara kimia ada kandungan asam.

Baking Powder bisa diaktifkan hanya dengan air.

PROSES AKTIVASI
Ketika soda kue teraktivasi oleh asam, atau baking powder teraktivasi oleh air, maka keduanya mulai berfungsi. Tetapi akan bertambah fungsi mengembangnya ketika terkena panas.

Soda kue begitu dimasukkan ke adonan harus segera dimasak, kalau tidak kekuatannya berkurang. Itulah sebabnya resep yang bagus biasanya meminta kita untuk memasukkan soda kue terakhir.

Baking Powder bisa lebih tahan lama dalam adonan sebelum dipanaskan, dan double acting baking powder mampu berfungsi dengan baik meski adonan kita dalam antrian.

TAKARAN
Penting untuk menggunakan soda kue dan baking powder sesuai takarannya. Soda kue yang terlalu banyak akan meninggalkan banyak sisa di adonan yang menimbulkan rasa tidak enak di lidah (seperti gas, rasa logam)

1/4 sdt soda kue cukup untuk 1 cup (150gr) tepung.

KENAPA DALAM 1 RESEP KADANG DIBUTUHKAN KEDUANYA?
Ketika dalam resep sudah ada soda kuenya, tetapi hanya cukup untuk menetralisir asam dan tidak cukup untuk mengangkat kue, nah baking powder ditambahkan untuk menambah pengembangan kue.

Kapan perlu dua-duanya inilah dibutuhkan banyak trial dan error bagi para pencipta resep. Makanya, cantumkan nama pencipta resep ya, tidak mudah lho menciptakan resep.

Nah, semoga sekarang sedikit lebih paham ya Le Lovers. Selamat mengutak atik resep, dengan selamat ?.

 

Thread Starter

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here