Pandan Choco-Mint Chiffon Cake by Janni Wirakusumah Morales

pandan choco-mint chiffon

Pandan Choco-Mint Chiffon Cake

(Hasil eksperimen sendiri.. tanpa bantuan Ray sama sekali hehe)

 

Bahan:

280 gr (2 cups) tepung terigu

300 gr (1 ½ cups) gula putih

1 sdm baking powder (double acting)

1 sdt garam

120 ml ( ½ cup) minyak

kuning telur dari 7 telur

180 ml ( ¾ cup) air dingin

2 sdt vanilla extract

½ sdt atau 1sdt Pandan extract (bisa ditambah atau dikurangi tergantung selera)

½ sdt mint extract

1 sdm coklat bubuk (bisa ditambah tergantung selera)

putih telur dari 7 telur

½ sdt cream of tartar

Sliced almond (optional)

Frosting (optional)

 

Cara Pengerjaannya:

 

  1. Panaskan oven dengan suhu 325 F (165Õ C).
  2. Cuci loyang bundar tinggi(angel food cake pan) dengan air sabun hangat2 kuku; yakinkan tidak ada bekas minyak yang menempel. (Tip: Saya karena tidak mau repot, melapisi loyang ini dengan parchment paper)
  3. Ayak (Tip:saya menggunakan sifter) tepung, gula, baking powder, dan garam. Masukkan kedalam wadah, lalu ditengah-tengahnya dibuat lubang seperti sumur kecil, isi dengan minyak, kuning telur, air, dan vanilla. Sisihkan.
  4. Di wadah yang besar, masukkan putih telur. Kocok sampai berbusa, lalu masukkan cream of tartar. Kocok sampai kaku!!!
  5. Dengan menggunakan mixer yang sama kocok adonan tepung mulai dari sumur yang ditengah, karena dengan sendirinya semua akan ikut terkocok. (Tip:Saya agak nakal, memakai dua mixer: yang stand mixer untuk si putih telur, dan yang adonan tepung memakai hand mixer).
  6. Bagi adonan menjadi 3: a. diberi pandan, b. diberi ayakan coklat bubuk, c. diberi mint extract. Banyaknya bagian tergantung selera. (Tip: Saya gunakan spatula untuk mencampur adonan yang diberi pandan dan mint, sedangkan untuk coklat bubuk saya gunakan mixer sebentar saja)
  7.  Sedikit demi sedikit tuangkan putih telur ke tiap adonan dan aduk perlahan menggunakan spatula sampai putih telurnya tidak kelihatan lagi. (Tip: Kalo putih telurnya tidak tercampur, nanti pas kuenya matang akan terlihat gundukan putih telur yang belum teraduk.. pengalaman pribadiJ)
  8. Atur susunan adonan di dalam loyang sesuai selera.(Tip: Agar tidak kelabakan, persiapkan semua bahan yang diperlukan seperti spatula, centong, atau alat yang akan digunakan untuk mengatur adonanJ) Taburkan sliced almond di atasnya.
  9. Panggang selama 55 menit dengan suhu 325Õ F (165Õ C), kemudian naikkan suhu ke 350ÕF (175Õ C) panggang lagi selama 10 atau 15 menit atau sampai matang.
  10. Balikkan loyang sampai kuenya dingin dan siap untuk dipotong. (Tip: Saya taruh lubang loyangnya di atas tutup botol… sayang lupa saya photo:-) Silahkan mencoba!!!

About the author

dimas

Add Comment

Click here to post a comment

error: Content is protected !!
Skip to toolbar