Masih soal kuliner khas Yogya. Saya masih terbayang-bayang makanan yang biasa saya makan di kampung halaman saya. Maklum, saya sedang merantau ke pulau seberang jadi sering kangen dengan menu-menu ala Yogya. Kali ini, saya mencoba Oseng-oseng Mercon yang biasa saya makan di warung kaki lima di daerah PKU Muhamadiyah Yogya (dekat Malioboro). Siapa bilang orang Yogya cuma suka makan yang manis? Oseng-oseng Mercon pedas sekali lho… Di resep aslinya, jumlah cabai yang dipakai sangat banyak, yakni 2 kg cabai untuk 1 kg daging! Jadi, sudah jelas menu ini bukan untuk yang tidak doyan pedas.

Resep

Oseng-Oseng Mercon Khas Yogya by Clyde

Bahan:
-1/2 kg daging tetelan atau kikil (boleh campur), rebus sampai empuk
– 3 cm laos geprek
– 3 lembar daun salam
– 3 sendok makan kecap manis

Bumbu halus:
– 1/4 kg cabe rawit
– 5 buah cabe besar, buang bijinya
– 7 siung bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 2 cm jahe
– Gula jawa
– garam secukupnya

Cara membuat:
Cabe, bawang merah dan bawang putih direbus sebentar sebelum dihaluskan. Sebaiknya bumbu dihaluskan dengan cara diulek dan sisakan sedikit cabai utuh. Setelah itu, bumbu halus ditumis beserta laos, daun salam dan kecap dalam minyak yang banyak, masak sampai wangi baru masukkan daging dan kikil. Masak sampai bumbu meresap. Tambahkan garam dan gula (atau penyedap bila suka) sampai rasanya sesuai selera. Sajikan dengan nasi hangat.

Catatan: Untuk yang tidak tahan pedas, sebaiknya menggunakan cabai besar dan cabai keriting dengan sedikit cabai rawit (atau biarkan utuh).

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=833124083404178&set=gm.755133964585950&type=1&theater

baca juga resep oseng kami yang lain disini

0/5 (0 Reviews)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here