#Resep8

Malam tahun baru di Belanda selalu diwarnai dengan pesta kembang api dan kumpul-kumpul bersama dengan keluarga, tetangga dan teman-teman. Hidangan khas yang selalu tampil diatas meja adalah Oliebollen, Appelflappen ataupun Appelbeignets. Antrean panjang disetiap tenda-tenda ataupun mobil-mobil penjual jajanan ini selalu mewarnai hari terakhir di setiap tahun yang ada. Kali ini akan saya tuliskan resep si Oliebollen yang tidak pernah absen di setiap malam tahun baru. Oh ya, jika kita menambahkan kismis hitam pada adonan Oliebollen maka namanya akan berubah menjadi Krentenbollen. Oliebolen berarti bola-bola minyak goreng dan Krentenbollen berarti bola-bola kismis, sederhana ya namanya.

Oliebollen dan Krentenbollen
(Baca : Olibolen dan Krentenbollen)

Bahan (untuk sekitar 20-25 buah) :

  • 500 ml susu hangat (bukan panas)
  • 7 gr yeast
  • 1 sdm gula
  • 500 gr terigu
  • 1 buah telur
  • Sejumput garam
  • Minyak goreng
  • Gula tepung
  • Kismis hitam (untuk campuran)
  • Sendok tang ice cream

Cara membuat :

  1. Campurkan susu hangat, gula dan yeast di mangkuk dan biarkan selama 10 menit.
  2. Ayak terigu dan garam dan tambahkan telur.
  3. Tambahkan perlahan campuran susu ke tepung sambil di mixer hingga tercampur rata dan halus adonannya. Tutup mangkuk berisi adonan dengan cling wrap dan biarkan di tempat hangat selama 1 jam agar adonan mengembang sempurna (Kalau disini biasanya ditaruh di dekat penghangat ruangan atau di dekat kompor yang sedang dipakai untuk memasak)
  4. Panaskan minyak yang banyak di panci listrik atau panci biasa sampai suhu 180° celcius.
  5. Basahi sendok tang ice cream dengan air, lalu sendok adonan dan tuang perlahan ke minyak panas agar bentuknya nanti tetap bulat. Balik kue beberapa menit kemudian.
  6. Oliebollen siap diangkat dari minyak jika sudah berwarna kecoklatan. Biasanya proses penggorengan memakan waktu sekitar 6 menit.
  7. Sajikan dengan taburan gula tepung.

Tips :

jika ingin dibuat menjadi Krentenbollen, masukkan kismis hitam setelah adinan selesai dimixer dan aduk adonan dengan sistem aduk balik sebentar, tutup dengan clingwrap dan simpan di tempat hangat seperti petunjuk diatas.
Selamat mencoba teman-teman dan saya beserta keluarga juga mengucapkan Selamat Tahun Baru 2018, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1734166763349327/

baca juga resep camilan kering kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here