Nastar keju by Lilik Indrayani

0
2800
Nastar keju by Lilik Indrayani

Nastar keju by Lilik Indrayani

Masih punya selai nanas dan butter sisa bahan nastar Idul Fitri kemaren, akhirnya dieksekusi lagi rabu kemaren, buat 3 resep dengan 1 kg terigu jadinya segini.
Untuk olesan kuning telurnya sekali aja karena buru buru mau ngurusin masakan hehehe..sok sibuk yaaa.

Bahan :
– 200 gram / 1 bungkus margarin blueband
– 4 sdm munjung penuh butter ( saya pake wisjman )
– 5 sdm susu dancow bubuk / full cream
– 1 sdm munjung gula pasir yang dihaluskan. Saya pakai gula sedikit aja biar nastarnya nggak keras juga, dan juga lebih suka kulitnya gurih tapi selainya yang dibuat manis.
– 2 kuning telur
– 300 gram ( kurang lebih ) terigu ( hukumnya wajib disangarai dahulu supaya nastar lebih awet dan teksturnya garing memprul dan diayak )
– 3 sdm munjung tepung maezena ( tanpa disangrai )
– 25 gram keju diparut, mencampurkannya setelah adonan mentega dimixer.

Bahan olesan saya pake resep Fah Umi Yasmin :
– 3 kuning telur
– 1 setengah sdt susu kental manis
– 1 sdm minyak makan
Semua bahan aduk jadi satu.

Selai Nanas:
– 1 biji nanas ukuran besar
– 150 gram gula pasir
– 1 helai daun pandan ( saya nggak pake cengkeh atau kayu manis karena aromanya terlalu menyengat kuat sehingga nantinya menurut saya akan ikut mendominasi aroma tepung nastarnya, aroma butter wisjman dan susu jadi kalah dengan aroma rempah cengkeh dan kayu manis.

Cara buat selai nanas :

-parut atau blender nanas, kalau saya diblender aja karena buatnya banyak jadi nggak kuat lama lama marut hehhee…
-mensiasatinya biar ada kasar kasarnya sebelum diblender saya potong kecil kecil dan diblender bentar aja,
-kalau buat banyak biar nggak terlalu pake banyak air blenderan pertama disaring, air saringannya dipake tuk blender nanas berikutnya sampe seterusnya begitu.
-Lalu saya masak satkan dahulu dimagic com, kalau udah sat baru dipindahkan kewajan,
-pemberian gulanya saat masih ada airnya, jangan pas selai udah sat karena kemungkinan bisa langsung mengeras selainya seperti gulali, atau gula masak dulu dengan sedikit air dicairkan biar aman.
-Masak selai diaduk aduk terus yaa saat udah mau sat biar nggak gosong dan dimasak sampai tanek nggak lengket ditangan, sampe bisa dibuletin,
– masukkan dahulu dikulkas selainya tuk memudahkan mbuletinnya,
-buletin sambil dikasi sedikit margarin tangan kita, kalau selai nanas dimasukkan ke adonan nastar dalam kondisi nggak bulet akan terlihat berlepotan kotor nggak rapi nastarnya.
-Pemberian selai yang masih basah berair akan mempengaruhi kulitnya nastar setelah mateng, akan jadi mlempem basah lembab nggak memprul kering berpasir.
-Pemberian selai kalau saya lebih suka yang banyak yaa karena kulit luarnya gurih, begitu nastar digigit pertama berasa gurih selanjutnya langsung terasa nyess selainya yang banyak dan berasa manis banget.


Cara buat nastar :

– mixer semua bahan dengan speed rendah dan jangan terlalu lama kira kira sekitar kurang lebih 5 menit aja supaya saat nastar dipanggang tidak mengembang mbleber.
– campur adonan butter dengan terigu dan maezena, mencampurnya jangan sekaligus yaa sedikit dikit aja, misalkan buat 1 resep maka mencampurkan adonannya dengan tepung 2 atau 3 kali,
-cara memegang adonan dengan tangan jangan terlalu kuat pelan pelan aja supaya tekstur nastar nggak jadi padat keras juga.
– adonan mentega dan tepung bila udah dicampur ditutup yaa bila mau ditinggal agak lama misalkan mau menyambi kerjaan yang lainnya.
– adonan mentega jangan terlalu lama berada disuhu ruang, jangan sampai adonan mentega jadi cair berminyak, sesekali dimasukkan ke kulkas yaa sebentar aja lalu keluarkan lagi, bila ditaruh disuhu ruang adoanan ditutup.
– setelah nastar dibuletin panggang dioven kira kira kurang lebih 30 menit disuhu 150 derajat, manggang jangan terlalu panas yaa biar nastar nggak retak juga,
-lalu keluarkan dinginkan dahulu dan beri olesan kuning telur.
-Panggang lagi disuhu 150 derajat kira kira 30 menit atau sesuai selera aja tingkat kematengan dan warnanya,
-kalau saya manggang lebih suka yang tanek terlihat golden brown lebih meyakinkan matengnya dan dijamin nastar tidak akan mudah berjamur awet bisa sampe 6 bulan lebih.
– memanggangnya harus sering sering ditengok yaa biar gak gosong dan nggak sia sia juga kan kerjaan kita, udah lama lama mbuletin teruss hasilnya tidak sesuai keinginan hehehehe
– saat nastar udah mateng langsung dikeluarkan yaa jangan dibiarkan teruss dalam oven, meskipun oven udah di off kan, karena panasnya jalan teruss berakibat jadi gosong nanti nastarnya hehehe.
– memasukkan nastar kedalam toples dipastikan toplesnya bener-bener kering yaa hehehe saat nastar masih panas jangan ditutup rapat dulu biar nastar nggak mudah berjamur juga

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1548642101901795/

simak resep kuker kami yang  lain disini
#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak
#Lenastarkeju

0/5 (0 Reviews)
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here