Meringue Kisses by Susana Gracia Chatrine

0
97

Meringue Kisses by Susana Gracia Chatrine

Selamat pagi LE Lovers ..
Siapa yang sudah start bikin kuker?
Punya putih telur nganggur?
Yuks kita manfaatin si putih telur,
Ssstt.. ini juga bisa jadi tambahan variant kuker buat lebaran nanti loh.
Monggo yang mau cobian.

Nama kue ini Meringue, ada juga yang bilang schumpies.
Meringue merupakan salah satu jenis makanan penutup yang ada di Perancis, Swiss, dan Italia. Meringue dibuat dari putih telur yang dikocok dengan gula halus.
Tekstur meringue ringan, kenyal, serta lembut di dalam dan renyah di luar.

Meringue diolah dengan cara dipanggang menggunakan suhu yang sangat rendah dan waktu yang cukup lama, seperti biskuit. Meringue tidak harus memiliki warna kulit yang kecoklatan, tapi harus cukup renyah dan kering. Meringue dapat disimpan dalam wadah kedap udara selama 1 minggu.
Saya intip resepnya di Maringue Girls recipe, tapi saya buat versi saya sendiri, karena disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.

Bahan :
– 100 gr putih telur
– 200 gr gula halus
– 1/4 sdt vanilla essens

Cara Membuatnya :

– Panaskan oven sampai 180°c. Letakkan nampan baking kecil dengan baking perkamen, tuang gula halus ke dalamnya dan panaskan dalam oven selama 5 menit. (Pemanasan gula membantu gula cepat larut dalam kocokan putih telur dan menciptakan campuran yang glossy dan stabil.)

– Ambil gula dari oven, dan turunkan suhu oven sampai 100°c (biarkan pintu terbuka untuk membantu mempercepat suhunya turun)

– Tuangkan putih telur ke dalam mixer dan kocok perlahan, biarkan gelembung kecil terbentuk (berbusa), lalu masukkan Gula Halus sedikit demi sedikit sampai habis sambil di-mixer lalu tambahkan vanilla essens (tetap dengan menggunakan kecepatan sedang)

– Setelah Adonan tercampur rata, mixer dengan menggunakan kecepatan tinggi hingga Adonan menjadi kaku (jika kita menyendok Adonan dan membalikkan sendok tersebut, maka Adonan tidak terjatuh)

– Bagi Adonan menjadi beberapa bagian dan beri Pewarna sesuai selera

– Masukkan Adonan menggunakan Sendok ke dalam Piping Bag (1 sendok tiap warna yang berbeda dan dimasukkan sesendok demi sesendok secara selang-seling untuk setiap warna hingga Adonan habis)

– Semprotkan adonan meringue di atas loyang yang sudah di beri baking paper.

– Panggang dengan 100°c hingga matang selama 45 menit.

– Setelah matang, tunggu hingga ‘Meringue’ ini agak dingin dan siap dimakan atau dimasukkan ke dalam Toples Kaca

Note : Penyimpanan di Kulkas membuat ‘Meringue’ ini dapat bertahan hingga 1 minggu

Selamat Mencoba

Note :
Mengocok Putih telur

1. Gunakan wadah berbahan stenles stell untuk tempat pengocokan, wadah & peralatan untuk mengocok harus bersih & kering, bebas dari minyak, air & residu lain. Sedikit saja minyak tercampur dalam telur, adonan dapat susah naik.

2. Putih telur mesti bersih dari kuning telur sama sekali. Setetes saja kuning telur bakal menciptakan putih telur susah kaku.

4. cara yg paling cocok mengocok putih telur, dikocok dengan kecepatan paling rendah, prosesnya cukup lama untuk jadi kaku, tapi meringue bakal lebih stabil, & ketika putih telur mulai berbusa tambahkan gula sedikit demi sedikit, kocok konsisten hingga putih telur menjadi kaku, dan ketika mixer diangkat meringue tak akan tersisa di kocokan mixer.
hasilnya, putih telur terasa kental & lembut (tak terlalu kaku). meringue ini lebih mudah waktu dicampur bersama adonan kuning telur, atau adonan keju, atau adonan lainnya, dan campuran bakal stabil & homogen. Akhirnya kue bakal lebih sempurna, teksturnya juga dapat lebih rata.

Have a great weekend

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1399378423494831/
#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak
#Lemeringuekisses

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here