#TIPSDANTRIK
Membuat Selai Nenas Tanpa Membuang Mata Nenas

Awalnya saya penganut paham kuno, kalau bikin selai nenas ya mata nenas harus dibuang. Nenek bilang itu penyebab batuk dan serik di tenggorokan. Bulek juga pernah mengeluh tekstur selainya “nggrenjel” (bahasa Indonesia mungkin artinya tidak halus ya) gara-gara ada nenas yang lupa dibuang mata.

Tapi beberapa bulan gabung grup baking, saya sering melihat foto postingan selai nenas homemade yang cantik tampilannya. Warna lebih berkilau, serat nenasnya lebih panjang. Mereka semua membuatnya tanpa membuang mata nenas. Muncul rasa curiga: ah, ini foto selai pasti difilter biar mulus halus dan glowing kinclong berkilau.

Iseng saya googling. Dapat info di artikel milik chef Yongki Gunawan. Ternyata mata nenas memiliki zat pengawet alami. Zat ini juga membuat selai tidak berubah warna menjadi hitam. Aroma wangi nenas juga lebih kuat.

Akhirnya saya beranikan diri mencoba membuat selai nenas tanpa membuang mata nenas.

Tips ini murni hasil pengalaman sendiri saya kemarin. Benar-benar sendirian karena emak, nenek dan bulek hanya jadi penonton. Menganggap saya aneh dan keluar dari kebiasaan keluarga. Bikin selai kok semua bagian nenasnya diambil.

  1. Belah buah nenas menjadi 4 bagian supaya mudah dipegang. Mulai parut dari mata nenas lalu daging nenas dan terakhir hati nenas. Jangan dibalik karena mata nenas yang tidak keparut pasti keras.
  2. Setengah proses awal saya masak di magic com untuk menghemat waktu dan menghindarkan dari cipratan air sari nenas. Cukup sekali tombol “cook”, matikan. Baru dipindah ke wajan sampai proses selesai.
  3. Takaran gula pasir seperempat berat nenas magic com. Bukan diambil dari berat nenas parut. Terlalu manis. Harus ditimbang ya. Jangan sistem kira-kira karena kebanyakan gula pasir membuat selai nenas sekeras batu.
  4. Selai nenas matang tidak perlu dimasukkan kulkas. Dia sudah berkadar gula tinggi. Bakteri otomatis mati. Jamur tidak akan bisa tumbuh.

Saya tidak menimbang berat nenas parut. Yang jelas air dan daging buahnya melimpah.

Di foto ini, berat nenas magic com 1.270 gram. (saya bulatkan terhitung 1.300 gram dibagi 4).
Gula saya pakai 325 gram. (hasil pembagian 1.300 gram tadi).
Berat selai nenas kering 1.100 gram. Menyusutnya sedikit. Warnanya berkilau, karamelnya sempurna tidak ada yang gosong dan seratnya nyata, panjang serta tetap halus lembut.

Emak, nenek dan bulek kagum dengan hasilnya. Lebih bagus, lebih hemat dan lebih cepat.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/4138708192895160/
simak kreasi nastar kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here