Martabak Manis by Susianne Flo S

0
574
Martabak Manis by Susianne Flo S

Martabak manis homemade.. yang satunya rasa cokelat yang satunya rasa keju.. yang cokelat menggunakan taburan susu kental manis cokelat dan yang keju menggunakan taburan susu kental manis putih. Juga yang rasa cokelat difermentasikan hanya 40 menit dan yang rasa keju difermentasikan satu jam lebih sedikit.

Martabak Manis by Susianne Flo S

Bahan bahan :
Tepung terigu protein tinggi 250 gr
Gula pasir halus 50 gr
Telur 1 butir
Fermipan 1/4 sdt
Soda kue 1/4 sdt
Garam sejumput
Air matang 350 ml dicampur dengan susu kental manis 1 sachet diaduk.

Loading...

Cara membuat :
Semua bahan dicampur dengan air susu menggunakan whisk kecuali telur, gula pasir, garam dan soda kue.. lalu telur dan gula pasir dikocok menggunakan whisk hingga gula larut tuangkan kedalam adonan. Terakhir taburkan sejumput garam aduk rata sampai tidak ada gumpalan. Jika adonan masih agak kental tambahkan air sesendok sesendok bertahap sampai secukupnya. Lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu masukan soda kue aduk sebentar lalu diamkan lagi selama kurang lebih satu jam hingga dua jam, karena proses fermentasian ini akan mempengaruhi hasil sarang atau lubang lubang kecilnya nanti. Ketika sudah siap fermentasian adonan martabaknya panaskan dahulu wajan martabak diatas api sedang atau api yang agak besar selama 2 menit. Setelah itu turunkan api kompor ke api yang terkecil diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu tuangkan adonan ke dalam wajan panas. Tunggu sampai buih buih nya menjadi matang dan berlubang lubang. Setelah permukaan martabak tidak berbuih lagi taburkan gula putih diseluruh permukaan martabak. Tutup martabak sampai pinggirannya berwarna cokelat. Angkat martabak olesi dengan margarine atau butter jika ingin rasanya lebih special lagi. Tuang susu kental manis dan siap ditambahkan isian sesuai selera.

Tips membuat martabak manis:
1. Kekentalan adonan jadi faktor yang menentukan si martabak bisa bersarang cantik atau tidaknya. Adonan jangan terlalu kental tapi teksturnya agak cair sedikit tapi masih terlihat agak kental ya..
2. Ketika membuat adonan pakailah air hangat atau suam suam kuku masukan dulu ragi instannya aduk aduk hingga siragi larut baru masukan bahan lainnya ya..
3. Wajan teflon yang akan dipakai jangan diolesi apapun ya biarkan saja tanpa olesan dan panaskan dahulu sebelum dimasukan adonan.
4. Sesudah adonan dimasukan besarkan api ke tingkat sedang itu gunanya membantu proses penyarangan setelah adonan oenuh dengan sarang kecilkan lagi api ke suhu terkecil baru ditaburi gula pasir keseluruh martabak. Boleh ditutup boleh tidak. Dan jika sudah matang bagian pinggirnya matikan api dan beri olesan butter atau margarine yang agak banyak ya agar hasilnya bisa gurih.. angkat dari teflon lalu beri taburan susu kental manis yang agak banyakan agar hasil martabak manis bisa legiit. Lalu isi dengan isian sesuai selera..
Selamat mencoba..

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/792776754155004/

baca juga olahan martabak kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here