manisan kulit semangka_nadiya maulida husna_081114

Manisan Kulit Semangka by Nadiya Maulida Husna

Bahan:
– 700 gram – 1 kg kulit semangka yang sudah dibersihkan
– 300 ml air untuk merebus
– 500 – 700 gram gula pasir
– 1/2 sdt garam
– parutan kulit jeruk lemon dari 1 butir jeruk ( optional)
– 2 buah jeruk lemon, ambil airnya (optional)
– 1/2 sdt vanili bubuk
Cara membuat:
– Siapkan kulit semangka, potong- potong dengan ukuran 2 x 2 cm. Iris dan buang bagian dalam kulit yang berwarna merah sehingga tidak ada warna merah tersisa. Kemudian iris tipis dan buang kulit semangka yang hijau dan keras. Anda akan mendapatkan potongan kulit semangka berwarna putih, bersih dari bagian daging buah yang berwarna merah dan kulitnya yang keras. Cuci bersih kulit semangka.
– Masukkan kulit semangka ke dalam panci dan tambahkan air. Takaran air sebaiknya tidak terlalu banyak karena fungsinya hanya membantu untuk membuat kulit menjadi empuk. Rebus dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga kulit semangka matang dan empuk. Tandanya ambil sepotong kulit dengan garpu jika garpu mudah masuk ketika ditusukkan maka kulit semangka dianggap telah cukup matang.
– Tambahkan gula, garam, kulit jeruk lemon dan aduk hingga rata. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk-aduk. Kemudian tutup panci tempat merebus kulit dan masak hingga kuah manisan menjadi kental dan habis. Manisan dianggap telah jadi ketika kuah mengental, menyusut dan kulit semangka berubah menjadi transparan.
– Masukkan air jeruk lemon dan vanili, aduk rata sebentar. Angkat. Ketika telah dingin masukkan manisan ke dalam toples yang memiliki tutup rapat dan simpan di kulkas

Sumber: http://www.justtryandtaste.com/2014/08/manisan-kulit-semangka-daur-ulang-yuk.html?m=1

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1511766205767324&set=gm.656381937794487&type=3&theater

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here