langsungenak.com – Tak semua mengenal mandai sepertinya. Betul kan. Kalau cempedak mungkin kenal. Nah ini adalah olahan kulit cempedak, kita kenal dengan istilah ‘mandai’. Jangan salah sangka ya, kalau ternyata harga kulitnya itu lebih mahal dari harga daging buahnya lho. Bisa seharga ayam lho. Ah, kalau tak percaya, coba aja kesini. Muatan se-truk saja jadi rebutan kok.

Inilah olahan berdasarkan budaya asli Banjar. Dulu saya nggak suka, karena kebetulan beli rasanya asiiin sekali. Sekarang saya jadikan crispy, ough enak banget gilak!

Bahan :

  • 400 gr kulit cempedak
  • 1 ½ sdm garam
  • 1 gelas air (sesuaikan)
  • 50 gr tepung bumbu
  • 200 gr tepung terigu
  • 4 gr bawang putih bubuk
  • 1 liter minyak goreng
Baca Juga  MARTABAK TELUR TANPA LIPAT by Dianish's Kitchen

baca juga
mandai by mbak ve
mandai by khadijah

Cara mengolah :

  1. Kupas cempedak dengan pisau atau grater juga boleh. Belah cempedak memanjang dari atas ke bawah, kemudian kelupas kulit dalamnya, ambil dagingnya. Yang ini 1,7 kg buah cempedak, kulitnya seberat 400 gr. Cuci bersih kulit, lalu garami sambil dilumat-lumat.
  2. Rendam dengan air sampai terendam di toples atau wadah bertutup rapat. Saya simpan di kulkas 2 hari.
  3. Keluarkan mandai/ kulit cempedak. Cuci dengan air kran. Peras agar tiris airnya. Iris tipis, kali ini saya gunting biar cepat.
  4. Siapkan tepung balur (terigu, tepung bumbu, bawang putih). Balurkan mandai ke tepung, baluri dengan kedua tangan sampai rata. Kemudian diayak.
  5. Goreng dengan api kecil-sedang. Angkat jika sudah ringan. Tiriskan. Bisa langsung disajikan sebagai teman makan nasi.
Baca Juga  CRUNCHY BROWNIES COOKIES by Hendraacen

Jika ingin lebih krispi, mandai disimpan di kulkas. Esoknya, goreng kembali.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/posts/4418631414902835/
baca juga resep olahan mandai kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here