#ResepLangsungEnak
LAPIS PEDAS DAGING RUSA
Daging rusa ini untuk serat memang lebih besar daripada daging sapi. Tapi teksturnya lebih lembut.
Kalau mau dibandingkan rasa tetep enak daging sapi pastinya. Rusa hampir sama seperti kambing, jika proses penyembelihan dan pengulitan salah bisa berakibat ada aroma khasnya menempel pada daging.
Agak-agak tricky sih hehehe.

Cara mengolah pertamapun jangan langsung di campur bumbu. Itu buatku pribadi. Kalau yang lain mau langsung dicampur/diolah dengan bumbu silakan
Aku rebus dan cuci dulu sampai daging beneran bersih.
Soalnya hasil rebusan rusa dan sapi sangat berbeda. Rebusan pertama rusa cenderung agak hitam, makanya aku lebih suka rebus dulu lalu buang air rebusan pertama dan cuci ulang sampai beneran bersih.
Dengan begitu orangpun nggak akan bisa bedakan antara sapi dan rusa karena aroma sudah hilang dan rasa mengikuti bumbu.

Bahan:
1 kg Daging rusa. (Potong kecil-kecil daging. Rebus daging di air mendidih, biarkan mendidih lagi selama 10 menitan. Buang airnya. Cuci sampai benar-benar hilang semua warna hitam. Tiriskan).
5 sdm santan instan
3 sdm gula merah sisir
6 sdm Minyak Goreng
700 ml Air (menyesuaikan, kalau daging belum empuk bisa ditambah lagi nanti)

Bumbu:
5 siung bawang putih
10 siung bawang merah
5 cm kunyit
2 cm lengkuas
50 gram cabe rawit (sesuai selera)
1 sdt ketumbar bubuk
Haluskan semua bumbu

Garam 1 sdm (sesuai selera)
Kaldu bubuk 1 sdm (sesuai selera)
Sere 1 batang geprek
Daun salam 3 lembar
Daun jeruk 2 lembar

Cara Masak:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum dan matang, masukkan daun salam, daun jeruk dan sere. Aduk rata sampai layu.
  2. Tambahkan air, masukkan daging aduk rata. Tutup rapat. Kecilkan api. Aduk sesekali. Sambil dicek air sudah surut atau belum dan daging sudah empuk atau belum. Kalau belum sedangkan air habis bisa ditambahkan lagi airnya.
  3. Setelah daging empuk, masukkan kaldu bubuk, gula merah dan garam. Aduk rata. Tes rasa.
  4. Kalau udah dirasa pas semuanya masukkan santan instan. Usahakan masih ada kuah nyemek-nyemek yah. Itu yang bikin enak. Biar tidak terlalu kering juga dagingnya.
  5. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan daun bawang kalau suka. Nggak pakai juga tetap enak kok.

Nb: Untuk metode pengempukan daging terserah pakai cara apapun bisa. Intinya yang penting daging bisa empuk hehehe.
Kalau aku sendiri lihat situasi dan kondisi dan yang pastinya menyesuaikan mood. Pengen cepet ya pakai presto
Tapi masak daging rusa nggak selama daging sapi kok.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/4204990832933562/
baca juga resep olahan daging kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here