Sponsor
Beranda side dish aneka roti-kue Kulit Lumpia Renyah by Wahyu Nursanti Suratman

Kulit Lumpia Renyah by Wahyu Nursanti Suratman

1

#reseplangsungenak
#tipsdantrik

? Kulit Lumpia Renyah ?

Kemarin aku sudah berbagi resep dan tutorial membuat Spring Roll atau lumpia dengan isi yang tak biasa (keluar dari pakem), yakni Loenpia Ragout.

Berhubung ada yang nanya bagaimana cara membuat kulit lumpia yang renyah setelah digoreng, maka kusertakan resep dan tutorial membuat kulit lumpia yang lentur, tak mudah sobek setelah didadar, sekaligus renyah setelah digoreng.

Kulit lumpia beda dengan kulit risoles atau kulit sosis solo. Kulit lumpia lebih tipis dan renyah setelah digoreng, sedangkan kulit risoles atau kulit sosis solo lebih tebal, dan empuk setelah digoreng.

Perbedaannya adalah pada bahannya. Adonan kulit lumpia dibuat tanpa telur (atau semisal menggunakan telur, ambil putihnya saja), sedangkan adonan kulit risoles dan sosis solo menggunakan telur utuh (untuk membuat kulitnya lentur dan empuk) dan sedikit minyak goreng agar saat didadar adonannya tak menempel di wajan.

Cara membuat kulit lumpia, beragam. Bisa berupa adonan kalis dan lentur bagai karet yang dipoles di atas plat baja, maupun berupa adonan kental yang dituang ke wajan teflon; maupun dipulaskan ke wajan teflon dengan kuas tahan panas; atau dicelup dengan crepes maker (atau wajan terbalik/wajan kewalik).

Aku lebih suka menggunakan crepes maker saat membuat dadar, karena prosesnya tak rumit, lebih cepat kerjanya, dan hasilnya adalah kulit yang lebih tipis, dengan permukaan yang merata ketebalannya.

• Bahan :

230 gr tepung terigu protein sedang

20 gr tepung tapioka (sagu tani)

1/4 sdt (2 gr) garam, untuk membuat stabil adonan

1 sdm air kapur sirih (bagian beningnya saja, agar tak pahit)

450 ml air

• Cara :

Tepung terigu, tapioka, dan garam diaduk. Tambahkan air secara bertahap hingga setengah takaran. Aduk hingga kalis. Diamkan 20 menit (metode autolysis, agar terbentuk gluten sehingga adonan menjadi lebih lentur).

Tambahkan air (sisanya). Aduk kembali hingga adonan lebih encer (dengan kekentalan mirip susu kental manis). Aduk rata. Saring, agar saat didadar hasilnya mulus, tidak bergerindil.

Siapkan crepes maker (wajan terbalik). Boleh menggunakan wajan teflon. Hangatkan crepes maker, api sangat kecil. Celup crepes maker ke adonan, segera panaskan di api kecil. Tunggu hingga adonan cair berubah menjadi kulit lumpia yang mudah dikelupas.

Letakkan kulit lumpia ke nampan yang sudah ditabur tepung maizena agar tak lengket. Lakukan hingga adonan habis.

Setiap selesai mencetak satu kulit lumpia, taburi permukaannya dengan tepung maizena agar tak saling lengket saat ditumpuk.

Kulit lumpia siap digunakan.

• Tips dan Trik :

Untuk menghasilkan kulit lumpia yang renyah, pilih tepung terigu protein sedang (bukan tinggi).

Proses pengulenan tepung dan air hingga didapatkan adonan yang kalis dan diistirahatkan (metode autolysis) adalah untuk menghasilkan kulit yang lentur dan tak mudah sobek setelah didadar.

Penambahan tepung tapioka pada adonan adalah untuk menghasilkan kulit lumpia yang tak mudah sobek setelah didadar, dan renyah setelah digoreng.

Penambahan air kapur sirih adalah untuk menghasilkan kulit lumpia yang renyah setelah digoreng.

Kapur sirih terbuat dari cangkang kerang yang digiling halus hingga membentuk pasta berwarna putih. Dapat dibeli di pasar tradisional, di bagian penjualan bahan jamu.

Cara penyimpanan pasta kapur sirih adalah dengan direndam air, letakkan di suhu ruang.

Cara penggunaan kapur sirih untuk makanan adalah dengan mengambil sedikit air bening rendamannya. Terlalu banyak menggunakan air rendaman kapur sirih dapat mengakibatkan rasa getir/pahit pada makanan.

Gunakan tepung maizena sebagai taburan, bukan tepung terigu, karena tepung terigu dapat terserap ke kulit dan membentuk gluten yang mengakibatkan kulit menjadi keras atau tak lentur.

Cara menyimpan kulit lumpia, adalah dengan memasukkannya ke plastik atau wadah tertutup rapat, lalu simpan di kulkas.

Agar gorengan tak berminyak, isiannya harus tiris dari air, kemudian lumpia digoreng dalam minyak panas dan banyak, api sedang cenderung besar. Menggoreng cukup satu kali balik, cukup 1 menit. Segera angkat, tiriskan ke sarangan dalam posisi berdiri, agar minyak turun.

Resep dan tutorial Loenpia Ragout ada di posting sebelumnya.

Selamat mencoba. Sem9ga bermanfaat.

Happy baking.
Happy everyday.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/2925928377506487/

baca juga olahan lumpia kami yang lain

4.5/5 (2 Reviews)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: Alert: Content is protected !!
X