KUKIS SEMPRIT 3 BAHAN TAHAN 5 BULAN by Wardat El Ouyun

0
482
KUKIS SEMPRIT 3 BAHAN TAHAN 5 BULAN by Wardat El Ouyun
Resep hasil rebake dari Bunda Nining Ratningsih, dan Bunda Nining dapat rebake dari Bunda Fitri Sasmaya. Dan sumber resep pertama yaitu dari Bunda Fah Umi Yasmin [2016]. Helloooo dan saya yang amatiran akhirnya baru bisa trial dan posting di tahun 2020 hehe..
Alhamdulillah terimakasih buat beliau bertiga yang sudah menebar ilmu manfaat semoga diganjar dengan beribu kebaikan dan pahala berlipat, Aamiin.
Tapi dengan tanpa mengurangi rasa hormat, resepnya saya modif sesuai situasi dan kondisi ya.
KUKIS SEMPRIT 3 BAHAN TAHAN 5 BULAN
BAHAN-BAHAN
125 gram sampai dengan 130 gram Butter margarine [Margarine yang ada campuran menteganya]
80 gram sampai dengan 90 gr Susu Kental Manis [2 Sachets kemasan 40 gr], sesuai selera
200 gram atau sekitar 16 sdm tepung Maizena [Pati Jagung]. Saya menggunakan Tepung maizena Kiloan Harga 11 ribu per kg
½ sendok teh essence atau pasta vanilla sesuai selera. Opsional

UNTUK TOPPING: Sesuai selera Selai strawberry, atau Nanas atau Choco chips juga boleh.

CARA MEMBUAT

Campurkan butter margarine dan susu kental manis. Aduk dengan menggunakan whisk atau spatula. Lalu masukkan tepung Maizena secara bertahap sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Tambahkan essence vanilla jika suka, aduk rata.
Setelah tercampur rata, siapkan spuit Bunga yang pecah 19 atau pecah 14, sesuai selera. Lalu tempatkan secukupnya adonan di dalam plastik piping bag yang sudah dipasang spuit.
Cetak adonan sesuai selera. Tempatkan di Loyang yang sudah dioles margarine dan dialas kertas roti. Tambahkan topping choco chips atau selai, sesuai selera.
Panaskan oven tangkring sekitar 10 menit. Panggang kukis sekitar 20 menit dengan api sedang agak kecil, suhu sekitar 150 sampai dengan 160 derajat celcius.
Setelah 20 menit kecilkan apinya, lanjut dipanggang selama 10 menit agar kukis benar-benar matang luar dalam dan tidak gosong. Karena salah satu trik agar kukis bisa awet hingga berbulan-bulan yaitu dengan cara dipanggang lebih lama dengan menggunakan api kecil.

Setelah matang, angkat, dinginkan. Tempatkan di wadah tertutup atau di toples. Atau dibungkus plastik kukis satu-persatu, sesuai selera.
Cara lain agar kukis awet sampai 5 bulan, di dasar toples, tempatkan 1 sachet Silica gel jenis food grade, lalu tata kukis diatasnya. Karena fungsi Silica gel itu adalah untuk menyerap lembab yang rawan menyebabkan kukis rawan tengik dan berjamur.
Jika menggunakan oven listrik, sesuaikan dengan suhu oven masing-masing ya, intinya dipanggang dengan suhu rendah saja agar kukis bisa matang luar dalam dan awet lebih lama. Saya menggunakan M*TO M*888 settingannya itu di suhu 110 derajat celcius, di rak tengah, panggang dengan api bawah selama 12 menit, lalu pindah api atas selama 3-4 menit saja.
SELAMAT MENCOBA

Loading...

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3039658652800125/

baca juga olahan kue semprit kami yang lain di sini

4.5/5 (2 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here