#ResepLangsungEnak

Entah kenapa setiap lihat postingan Mbak Novie Kurnia Wardani jadi pingin eksekusi (selama bahan tersedia di rumah).
Nah kali ini mencoba eksekusi Kue Gabus Keju. (Dengan segenap kesabaran yang ada)
Akhirnya eksekusi ini selesai juga. ?

Kue Gabus Keju

Bahan:
– Tapioka 100 gram
– Keju 50 gram
– Telur 1 butir
– Kaldu jamur/optional 1/4 sdt (saya skip)
– Minyak goreng 1 liter

Cara Buat:
1. Blender telur, keju dan kaldu bubuk sampai lembut. Kalau nggak ada blender bisa dimixer. Kalau nggak ada semua bisa pakai whisk atau langsung diremes pakai tangan sampai nyampur semua.

READ  Stik Bawang by Sunna Sari R

2. Tuang blenderan ke dalam wadah. Masukkan tapioka sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata dan bisa dibentuk.

3. Siapkan minyak dingin di mangkok. Ambil secubit kecil adonan, pelintir dengan dua jari saja. Rendam dalam minyak dingin.

4. Setelah selesai dicetak, tuang adonan yang sudah dipelintir tadi bersama minyaknya ke dalam wajan yang juga sudah berisi sedikit minyak. Baru nyalakan kompor pakai api kecil saja. (Mohon bersabar ini ujian)

5. Jangan dibalik sebelum adonan ngambang dan ngembang. Kadang adonan bisa lengket satu sama lain karena ini tanpa margarin. Jadi memang harus sabar untuk memisahkan mereka (hiks).

READ  Bolu Pisang Gula Palem by Nununk Noe

6. Saat digoreng adonan beneran bisa ngembang lima bahkan enam kali lipat. Saya saja kaget ?. Setelah adonan kokoh bisa diaduk-aduk sampai matang. (Aduk terus sampai sukses)

Saya goreng satu resep ini empat kali gorengan. Yang ke empat kebanyakan karena mengejar waktu mau Maghrib. Jadinya goreng dua kali karena kurang kres. Saat mau goreng adonan selanjutnya tetap yah tunggu minyak dingin dulu. Jangan sekali-kali pakai minyak panas.
Warnanya asli beneran putih karena nggak pakai margarin. Tekstur renyah dan kres.

READ  KACANG GORENG PUTIH RENYAH by Yuni Fatmawati

Bikin satu resep kecil saja lama nih, apalagi yang sampai kiloan. Pasti mabuk kue gabus semua. Jadi kalau mau buat banyak harus ada ekstra waktu dan tenaga. (Betul sekali)

Selamat Mencoba.

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3172555289510460/

simak gabus keju kami yang lain di sini

4/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini