Kuah bakso by Novie Kurnia Wardani

0
485
Kuah bakso by Novie Kurnia Wardani

#TipsDanTrik

Ini cara saya menghemat waktu dan tenaga.
Kuah bakso saya buat seminggu sekali. Malah kadang 2 minggu sekali.

Setelah bumbu bakso semua diblender halus dengan air lalu dikemasi dalam plastik rol yang dipotong-potong. Plastik rol ukuran 14 sih saya pakainya. Yang harus tahan panas dan dingin biar tidak mudah pecah saat disimpan di freezer.

Jadi sekilas tampak kaya es lilin ukuran super jumbo yah ?.

Saya buat sebungkus untuk air 40 liter. Ini bumbu ekstrak kuah bakso juga saya jual. Sebungkus 100 ribu. Tapi lebih utama buat sendiri. Cuma kalau ada yang minta beli yah kami layani saja. Lumayankaaan? Kalau laku banyak bisa buat jajan sekinker ?.

Dengan begini tidak harus setiap hari goreng, blender dan buat bumbu. Apalagi saya sering keluar kota.
Jadi kalau mau ditinggal lamapun Insya Alloh kuah dan bakso stok aman. Simpan dalam freezer yang bekerja normal.

Khusus kuah saya nyimpennya di freezer berdiri yang khusus es batu. Kuah ini tidak bisa beku sempurna sih. Bekunya cuma kaya es krim saja gitu mirip es batu setengah jadi. Mungkin karena ada kadar garamnya hehe. Jangan kuatir, asal freezer bekerja sempurna, saa sekali tidak merubah rasa.

Kalau saya pribadi di warung sehari butuh satu bungkus saat hari biasa. Kalau lagi rame auto ganti panci yang lebih gede dan sehari bisa 80 liter kuah berarti 2 bumgkus ekstrak bumbu bakso.

Semoga tips ini bisa bermanfaat buat pedagang bakso yang suka travelling dan belum bisa mempercayakan bumbu pada karyawan. Karena jelas sekali beda tangan beda rasa ?.

Untuk resep bakso, kuah bakso dan semua tips perbaksoan sudah saya share di grup. Silakan cari di kaca pembesar sertakan nama saya atau bisa di klik hashtag di bawah ini.

#TukangBaksoNuklirFakfak

Fakfak
10 Februari 2020

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/2952837911482200/

simak olahan bakso kami di sini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here