#ResepLangsungEnak

Kacang Bawang lagi ya, Bun.
Tahun lalu sudah saya posting, alhamdulillah ribuan yang share, banyak yang recook dan info ke saya kalau suka dengan rasanya.
Buat yang gagal hasilnya melempem dan gosong mungkin kurang sabar dalam proses penggorengan. Resep ini saya ubah sedikit saja caranya dari tahun lalu.

Nyicil sedikit buat lebaran nanti. Semoga pandemi ini segera berakhir jadi kita semua bisa silaturahim ke sanak saudara dan teman-teman lainnya. Meski agak ragu buat open house teteplah sediakan sedikit cemilan di meja nantinya.

Resep kacang bawang saya pakai kacang kupas yah. Jadi praktis nggak ngupasi dulu. Insya Alloh resepnya anti gagal asal beneran ikuti step stepnya sampai akhir. Harus sabar saat proses penggorengannya.
Kalau ada yang punya resep lain dari saya, silahkan saja tidak perlu diperdebatkan dan dibandingkan. Semua sesuai selera saja.

Kacang ini teksturnya renyah tapi lembut, bukan renyah keras. Guriih pastinya. Ada yang bilang mirip mede.

Bahan :
– Kacang tanah kupas satu kilo
– 8 lembar daun jeruk sobek-sobek
– 3 lebar daun salam
– 8 siung bawang putih (geprek)
– 8 siung bawang putih (iris tipis untuk digoreng)
– Santan instan kemasan kecil 65ml
– 2 sdm peres garam
– 1 sdm kaldu bubuk (ini selera saya, kalau kurang asin bisa ditambah lagi)
– 1 liter minyak goreng
– Air 500 ml

 

Cara buat :
1. Cuci kacang tanah.

2. Rebus air, daun salam dan daun jeruk, di wajan bisa, dipancipun bisa sampai mendidih.

3. Masukkan santan instan, garam dan bawang putih geprek, aduk rata.

4. Masukkan kacang kupas. Aduk dan rebus kacang pakai api sedang selama 5 menit. Matikan api. Lalu biarkan 5-10 menit direndaman.

5. Setelah direndam 5-10 menit angkat dan tiriskan.

6. Masukkan kaldu bubuk, aduk-aduk sampai tercampur rata. Biarkan sampai dingin kalau mau di goreng. Biar cepat dingin saya pakai kipas angin.

7. Panaskan minyak, goreng bawang putih yang diiris tipis dengan api kecil sampai bawangnya matang.

8. Goreng kacang tanah yang sudah direbus santan tadi di minyak yang sudah benar-benar panas, pakai api sedang cenderung kecil. Kunci suksesnya ada di bagian sabar dalam proses gorengnya.

9. Aduk pelan-pelan. Kalau gelembung minyak sudah mulai kurang dan kacang diaduk sudah ringan, berarti sudah matang. Jangan nunggu warna sampai gelap, karena saat diangkat kacang bisa berubah warna leboh gelap lagi.

10. Saya sekilo gorengnya 4 kali gorengan dalam seliter minyak biar cepat matang. Harus ekstra sabar saat goreng. Selalu perhatikan apinya dan jangan telat ngaduk. Taruh kacang yang sudah di goreng di wadah beralas tissue.

11. Setelah kacang dingin, remas bawang putih goreng, taburkan, simpan rapat dalam toples tertutup.

Noted : Saat merebus kacang dengan santan, bawang putih cukup digeprek saja, kalau diulek halus menyebabkan lengket di wajan dan kadang bisa lengket juga di kacangnya.
Daun jeruknya bisa ikutan di goreng bisa dibuang. Kalau saya pribadi daun salamnya saya buang daun jeruk ikut digoreng kering.

Ada keterangan di setiap poto.

https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/3161476683951654/

baca juga olahan kacang kami yang lain disini

4/5 (1 Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here