image

Ikan Bawis Sambel Gami by Reyni Febrianty

Ceritanya, kangen sama tanah kelahiran, Bontang KalTim, dari tahun lalu, kepengen Ikan Bawis Sambel Gami’. Mungkin yg orang Kaltim, khususnya Bontang tahu ini sambel jadi saya buat sambelnya aja, karena di sini gak ada ikan bawis.
Ikan bawis hanya ada di kalimantan timur setau saya,  jadi, di kota lain, nggak ada.. tapi pakai ikan apa aja bisa. Lebih enak pakai ikan tuna atau patin untuk penggantinya, lebih enak lagi, ikannya dibakar/dipanggang.
Ini aku namain sambel gami kw, kenapa kw?? Karena gorengnya mggak di atas cobek tanah liat tapi, lumayanlah untuk mengusir rasa kangen.

Bahannya :
5 buah cabe rawit
2 buah cabe merah keriting
1/2 buah tomat
6 siung bawang merah, diiris
1 sdt terasi
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Alat :
Cobek tanah liat (gak punya tidak apa2)

Cara membuat :
Haluskan cabe rawit, cabe keriting, tomat, terasi, gula dan garam di atas cobek tanah liat.

Setelah halus, bawang merah dimasukkan dan cukup ditekan-tekan saja, jadi nggak halus. Kalau sudah, digoreng langsung pakai cobeknya, tunggu sampai berasap, masukkan minyak goreng, aduk sampai rata dan mendidih. Angkat dan sajikan. Lebih enak, dimakan langsung di atas cobeknya, jadi tidak usah dipindahkan lagi.. kalo aku nggak pake cobek tanah liat, karena nggak punya.

Oya, hati-hati bikin bersin-bersin resep di atas nggak mutlak ya, kalo suka pedes, bisa ditambahkan banyaknya cabe.

Sumber resep : Klik di sini

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here