Garut dan Kentang Ireng

0
87

garut dan kentang ireng

Inilah penampakan garut (di gambar terlihat d bagian atas, warna putih) dan kentang ireng (di gambar terlihat di bagian bawah, warna hitam).

Garut sering disebut ararut atau irut (Maranta arundinacea). Ini adalah sejenis tumbuhan berbentuk terna yang menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Garut tidak pernah menjadi sumber pangan pokok namun ia kerap ditanam di pekarangan di pedesaan sebagai cadangan pangan dalam musim paceklik.

Nama-nama daerahnya di antaranya: sagu, sagu bamban, sagu belanda, sagu betawi, ubi sagu, sagu rarut, patat sagu, larut, angkrik, klarut, waerut, dan masih banyak lagi sebutan lainnya

Garut merupakan bahan dasar tepung arrowroot. Parut garut dan peras, akan ada endapan pada air parutan tersebut. Keringkan endapan ini, itulah tepung garut atau arrowroot.

Sedangkan Kentang Ireng atau juga sering disebut kleci (Coleus tuberosus) adalah terna yang menjalar yang bisa juga digunakan sebagai pengganti nasi. Sebagai sumber karbohidrat], umbinya yang berbentuk dompolan bisa dimakan sebagai jajanan sore

Nama lainnya antara lain kemili, kambili, kentang jawe, dan masih banyak lagi sebutan lainnya.

Foto by Meredith Sophia Anne

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here