img1472609459723-02

Fondant dari Marshmallow
by Deisy SofiasSweet

 

 

Bahan:

300 gram Marshmalow putih (saya pakai Co***che Mega Snow)
1 sdm Air
600 gram Gula halus (gula yang seperti tepung itu)
secukupnya Mentega putih
secukupnya Tepung maizena

Cara:

1. Siapkan double broiler atau panci susun. Aku pakai yang murah meriah saja, kebetulan dua panci ini bisa di susun. Olesi panci atas dengan shortening/mentega putih lalu masukkan marshmallow ditambah 1 sdm air. Isi panci bawah dengan air. Panaskan sampai air mendidih.

2. Aduk-aduk dengan sendok kayu, kecilkan api kalau panci bawah sudah mendidih dan marshmallow hampir meleleh semua. Karena adonannya sangat lengket, pinggir dan dasar panci jangan lupa di korek-korek terus ya.

3. Nah kalau sudah tidak ada gumpalan marshmallow, tuangkan 1 bungkus (biasanya isi 450gr) gula halus (baiknya sudah diayak). Matikan api, Adonan akan langsung terasa berat dan kaku, terus diaduk sampai semua tercampur.

4. Nah bagian ini harus hati-hati, karena adonannya lengket. -Lumuri tangan, meja yang sudah dilapisi kertas roti, gilingan fondant, scraper, semuanya deh dengan mentega putih.
-Mentega dan sisa gula halus jangan jauh-jauh ya. Siap? nah tuang adonan ke meja. Hati-hati adonan masih panas sampai beberapa menit.

5. Uleni adonan sambil ditambah campuran gula halus dan tepung maizena sampai mencapai tingkat kaku yang diinginkan. Harus sudah diayak ya… karena adonan sudah hampir jadi dan kita tidak mau pusing dengan gumpalan gula halus. Uleni sampai fondant kaku dengan menambah gula halus sampai habis.

Fondant marshmallow yang rasanya manis dan enak dimakan siap digunakan!

TIPS:
*** Korek-korek panci sampai tidak ada lagi adonan yang bisa diangkat. Jangan buru-buru dicuci, tambahkan air matang 1/2 gelas lalu panaskan lagi di atas double broiler. Nah marshmallow cair ini bisa digunakan sebagai lem untuk menempel dekor fondant. Praktis kan!
*** Karena saya tidak pakai panci teflon, jadi untuk membersihkan marshmallow yang lengket di panci perlu direndam beberapa jam. Tidak usah kawatir, panci akan bersih seperti sediakala.
*** Penyimpanan: Sisa fondant bungkus dengan plastic wrap, masukkan lagi dalam kantong plastik atau tupperware, simpan di kulkas bawah. Tahan beberapa bulan. Untuk menggunakan lagi, keluarkan di suhu ruang, taburi maizena seperlunya.
*** Kue yang sudah di dekorasi fondant JANGAN disimpan di lemari es sebelum acara dimulai. Kalau sudah di foto-foto, dan dipotong boleh disimpan. Kenapa? Karena fondantnya akan berkeringat ketika dikeluarkan dari kulkas (kecuali dibungkus rapat dengan cling wrap)
*** pengerjaan sebaiknya diruangan sejuk.

Tidak apa-apa ya panjangan tipsnya dari pada resepnya, hehe. Selamat mencoba.

Thread Starter

#Langsungenak #ResepLangsungenak #KomunitasLangsungenak #FBGroupLangsungenak

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here