#PLANIFICACIÓN DE VIAJEUNGENAK

Ada tetangga yang panen kacang bulan lalu jadi ditawari ke saya buat beli.awalnya mau beli 1 kilo aja tapi karena dibujuk lagi biar beli 2 kilo jadi lah aku beli 2 kilo hitung-hitung bantu tetangga juga kan.

Ini saya bikin sebagian kue kacang karena saya suka dan ternyata anak-anak juga suka bahkan mereka juga bawa kue ini sebagai bekal ke sekolah.

Malam-malam aku lihat anak-anak ini pada semangat masukin ke kotak makan masing-masing.

Kue kacang jadul
By Anggun Sitinjak

Ingredientes de la masa:
125g kacang tanah
95g gula halus atau gula pasir tepung (diayak)
250g tepung protein sedang (diayak)
120g minyak goreng (125ml)
1/4 cucharadita de sal fina

Difundir material:
2 yema
2 cucharadita de aceite de cocina
1 tetes pewarna orange

Adición:
1 Sdm wijen putih
1 Sdm wijen hitam

inspiración para pasteles, Pastel de maní de la vieja escuela de Anggun Sitinjak

Cara membuat Kue kacang

  1. Sangrai kacang tanah dengan api kecil banget.jika kulitnya sudah mudah mengelupas, angkat dan dinginkan lalu remas-remas kacang untuk merontokkan kulit arinya.ayak kulitnya.
  2. Haluskan kacang.disini boleh menggunakan blender,uleg atau ditumbuk .kalo saya diblender menggunakan blender bumbu kering.
  3. Masukkan semua bahan adonan ke dalam wadah agak besar kecuali minyak.aduk menggunakan tangan.remas-remas agar kacang tercampur dengan baik.lalu masukkan minyak bertahap sampai di dapat adonan yang pas.minyak boleh ditambah jika adonan terlalu kering atau dikurangi sedikit jika terlalu lembek ya.
  4. Pindahkan adonan ke meja kerja.alasi dengan plastik.pipihkan setebal 1/2 cm menggunakan rolling pin atau botol atau apa saja yang ada .lalu cetak.tata di loyang yang sudah dialasi kertas roti.
  5. Siapkan bahan olesan .aduk semua bahan olesan sampai tercampur rata .jangan terlalu kuat saat mengaduk telur,nanti bisa menggelembung saat dipanggang.
  6. Oles semua adonan kue sebanyak 2 kali pengulangan.oles pertama sampai selesai lalu ulangi sekali lagi untuk menghasilkan olesan yang cantik dan glowing nanti.ini bersifat optional ya.kalo mau dipoles sekali saja juga boleh.lalu taburi wijen diatasnya.
  7. oven tangkring: Panggang kue selama 40-45 menit dengan api kecil dan lubang diatas oven tangkring dibuka agar sirkulasi udara membantu kue matang merata.di menit ke 20,tukar posisi loyang atau dirotasi.yang diatas jadi kebawah dan sebaliknya.panggang sampai bagian bawah kue kuning kecoklatan.
  8. Oven listrik: panggang selama 40 menit api tas bawah suhu 125°C.di menit ke 20 juga loyang dirotasi agar kue matang merata.
  9. Segera angkat jika sudah matang,dinginkan ke rak pendingin agar kue tidak basah bagian bawahnya.kemas jika sudah dingin ya.selamat mencoba, buena suerte.
LEER  Royal Icing Cookies by Laila Laila

Nota:
1.supaya proses cepat, sebaiknya siapkan kacang sebelum mengerjakan kue ini agar tidak memakan waktu yang lama. seperti saya,saya sangrai kacang 1kg sekalian.lalu simpan yang belum digunakan.
2.bolehkah mencampur minyak dengan margarin?boleh kok.cairkan margarin dulu lalu campur dengan minyak takaran tetap sama.jika sudah ada margarin maka jangan pakai garam lagi .
3.jika tidak ada cetakan khusus,boleh menggunakan tutup botol sirup yang putih itu atau tutup botol air mineral .boleh juga dibulatin dulu lalu dipipihkan.
4.kue ini teksturnya renyah,lembut dan kokoh.jadi tidak gampang hancur. ada paduan rasa asin dan manis.jika tidak suka kue manis,silahkan kurangi takaran gula jadi 80 gramo.
5.saat mengoven kue ini,harap jangan ditinggal-tinggal karena rawan gosong pada olesannya.cek terus suhu ovennya ya.supaya minim gagal,patuh resep jangan mengarang bebas apalagi masih pemula.nanti kalo gagal jangan bilang karena resep pula.

LEER  Coloridos pasteles de chorro de Dapur Umm Fatih

Silahkan ditonton video pembuatannya disini bagi yang mau

4.5/5 (2 Reseñas)

DEJA UNA RESPUESTA

Por favor ingrese su comentario!
Por favor ingrese su nombre aquí