Es Krim Bunga Telang by Eki Mayantari S

0
625
Es Krim Bunga Telang by Eki Mayantari S

Es Krim Bunga Telang

Terinspirasi Ice Cream Homemade Vanie Satrya. Jatuh cinta dengan bunga telang yang tumbuh subur didepan halaman rumah, membuat mataku ingin memetiknya terus menerus. Dicoba diolah berbagai panganan yang disukai generasi dari anak-anak hingga dewasa. Membuat es krim dengan bahan agar bubuk dan gelatin bubuk, ditambah SP sejenis cake emulsifier dengan cara di kukus dalam air mendidih/beruap banyak, kukus kurang lebih 5 – 7 menit, tampilan SP akan cair kental ringan.. Aku lebih khawatir SP/Cake Emulsifier hanya di tim (dimasak dengan 2 wadah atau double boiler, panci berisi air diatas wadah untuk menaruh bahan yang akan dilelehkan/dicairkan/mematikan bakteri). Es Krim ini rasanya lembut, lumer.. Suka sekali.. Yuk dicoba..

Bahan:

1 Bungkus agar bubuk plain (tanpa warna, tanpa rasa)
1 sdt gelatin bubuk (bisa diganti jelly bubuk plain)
2 1/2 sachet susu kental manis putih
10 sdm gula pasir
700 ml air putih (3 gelas belimbing)
25-30 kuntum bunga telang/teleng (aku pakai bunga segar, petik dari pohon)

1 gelas belimbing air panas untuk merendam bunga telang/teleng
1 sdm minuman serbuk rasa taro/vanilla (aku: omura)
1/2 sdt SP/Cake Emulsifier campur 2 sdm air matang lalu kukus dalam air mendidih/beruap banyak selama 5 – 7 menit, tampilan SP akan cair kental ringan, biarkan uap panas hilang.

Langkah Membuat :

1. Rendam bunga telang/teleng dalam 1 gelas belimbing air panas hingga warnanya keluar, sambil di remas – remas bunga sampai warnanya habis, kemudian saring airnya. Sisihkan.

2. Siapkan panci, masukkan agar bubuk, gelatin bubuk/jelly bubuk, gula, susu kental manis, serbuk minuman, air bunga telang/teleng, dan air putih masak sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api.

3. Biarkan uap panas hilang, masukkan freezer, biarkan hingga beku. Keluarkan dari freezer lalu Mixer hingga halus (masih kasar gapapa). Setelah itu bekukan kembali.

4. Setelah beku, mixer kembali dengan tambahan SP/Cake Emulsifier yang telah di kukus, mixer hingga mengembang, ringan, lembut selama 15 – 20 menit.

5. Tahap terakhir (setelah di mixer pakai SP), pindahkan ke wadah, kemudian bekukan kembali.

6. Santap saat beku.

http://Es Krim Bunga Telang by Eki Mayantari S

#Langsungenak#Reseplangsungenak#Komunitaslangsungenak#FBGrouplangsungenak#LEeskrimbungatelang

0/5 (0 Reviews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here